counter

Banjir rob rusak tanggul pengaman pantai di Aceh Barat

Banjir rob rusak tanggul pengaman pantai di Aceh Barat

Tanggul pengaman pantai yang terdapat di sepangjang garis pantai di kawasan Desa Suak Indrapuri dan Desa Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Aceh Barat, rusak parah akibat diterjang banjir rob yang melanda daerah tersebut sejak beberapa hari terakhir, Sabtu (20/7/2019). (ANTARA/Humas Pemkab Aceh Barat)

Meulaboh (ANTARA) - Musibah banjir rob yang melanda empat desa seperti Desa Suak Indrapuri, Desa Pasir, Ujong Kalak dan Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat merusak tanggul di sepanjang bibir pantai di daerah itu.

Akibatnya, gelombang pasang yang menerjang kawasan ini turut menyebabkan timbunan pasir diatas badan jalan, sehingga membuat aktivitas masyarakat terganggu.

"Kita sudah minta bantuan kepada BPBA di Banda Aceh dan BNPB di Jakarta, agar penanganan banjir rob yang melanda Aceh Barat segera tertangani," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Dr Mukhtaruddin kepada Antara di Meulaboh, Sabtu sore

Dampak gelombang pasang tersebut juga menyebabkan pasang air laut turut menerjang badan jalan dan beberapa rumah warga di kawasan Desa Suak Indrapuri, Desa Pasir, dan Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Baca juga: BPBD Aceh Barat imbau warga waspadai banjir rob susulan
Mukhtaruddin juga mengakui, satu unit alat berat jenis Wheel Loader yang digunakan untuk membersihkan material pasir di badan jalan ikut rusak saat bekerja, sehingga penanganan pembersihan pasir di lokasi bencana terpaksa dihentikan sementara waktu, menunggu datangnya peralatan pengganti.

Sementara itu, Juru Bicara Pemkab Aceh Barat, Amril Nuthihar kepada Antara di Meulaboh mengatakan, saat ini pemerintah daerah terus berupaya melakukan penanganan semaksimal mungkin untuk mengatasi dampak timbunan pasir yang disebabkan oleh gelombang pasang.

Pemerintah juga mengimbau masyarakat yang bermukim di sepanjang garis pantai di Meulaboh, agar tetap waspada apabila sewaktu-waktu gelombang pasang terjadi.

"Bapak Bupati Aceh Barat sudah memerintahkan langsung BPBD agar segera melakukan penanganan secara serius, sehingga persoalan ini segera tertanggulangi dengan baik dan mendapatkan solusi," kata Amril Nutihar menambahkan.

Ia juga memastikan sejauh ini tidak ada korban jiwa di masyarakat terkait dampak banjir rob yang melanda daerah tersebut sejak beberapa hari terakhir.
Baca juga: Pemkab Aceh Barat siagakan alat berat atasi banjir rob
Baca juga: Banjir rob terjang empat desa di Aceh Barat

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sungai Loji Pekalongan meluap, ratusan rumah kebanjiran

Komentar