counter

Laporan dari Tanah Suci

Petugas bimbingan ibadah keliling pondokan jamaah lakukan edukasi haji

Petugas bimbingan ibadah keliling pondokan jamaah lakukan edukasi haji

Petugas bimbingan ibadah keliling pondokan jamaah lakukan edukasi haji (MCH 2019)

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan ketika jamaah calon haji berada di Mekkah adalah visitasi ke hotel-hotel yang ditempati jamaah calon haji untuk melakukan edukasi dan bimbingan ibadah
Mekkah (ANTARA) - Petugas haji bagian konsultan dan bimbingan ibadah secara rutin keliling ke pondokan jamaah untuk melakukan visitasi dan edukasi haji kepada jamaah asal Indonesia.

Konsultan Ibadah Daerah Kerja Mekkah PPIH 2019 Muhammad Ulinnuha di Mekkah, Sabtu, mengatakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan ketika jamaah calon haji berada di Mekkah adalah visitasi ke hotel-hotel yang ditempati jamaah calon haji untuk melakukan edukasi dan bimbingan ibadah.

“Kegiatan ini kami namakan kegiatan visitasi dan edukasi untuk seluruh jamaah yang ada di Mekkah, ini termasuk kegiatan kelima dan keenam setiap jamaah yang baru datang ke Mekkah kami layani dengan visitasi dan edukasi untuk pemantapan manasik haji,” kata Ulinnuha.

Edukasi terhadap jamaah calon haji merupakan hal sangat penting karena tujuan utama jamaah Indonesia datang ke tanah suci untuk melakukan ibadah.

“Pertama untuk memastikan seluruh jamaah calon haji Indonesia memahami dengan baik ritus-ritus haji, manasik-manasik haji, kemudian yang kedua pemantapan di bidang hikmahnya,” kata Ulinnuha.

Baca juga: Seorang calon haji asal Indramayu meninggal dunia di pesawat

Ulinnuha menambahkan, target yang ingin dicapai selain secara teori fiqih jamaah calon haji memahami manasik haji, mereka juga memahami hikmah di balik seluruh rangkaian ibadah manasik haji.

“Sehingga tentu harapan terakhir setelah mereka mengetahui dari aspek fiqih dan aspek hikmahnya mereka kemudian menjadi haji yang mabrur,” kata Ulinnuha.

Dalam tataran teknis pelaksanaan ibadah, jamaah haji di setiap sektor akan didampingi oleh pembimbing ibadah yang disebut dengan TPIHI.

“Kami tekankan di samping juga ada materi yang secara normatif ada juga materi secara teknis yang akan dibimbing oleh pembimbing ibadah atau ketua rombongan untuk membimbing jamaahnya melaksanakan manasik haji,” ujar Ulinnuha.

Konsultan ibadah pada Jumat 18 Juli 2019, misalnya, menggelar kegiatan visitasi dan edukasi di Hotel Daar Ummul Quro’ di Kawasan Mahbas Jin, Mekkah.

Baca juga: Jamaah calon haji gelombang ke-2 tiba di pondokan di Mekkah
Baca juga: Dua kloter disiapkan berangkatkan 147 calhaj Penajam Paser Utara

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

189 jamaah haji asal Kota Madiun tiba di kampung halaman

Komentar