Peningkatan produktivitas dapat menekan angka kemiskinan...
Kendari (ANTARA) - Direktur Produksi Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) Muhammad Zuhri Bahri menyerukan peningkatan produktivitas pada semua faktor untuk menekan angka kemiskinan, dan mendorong ndonesia menjadi bangsa yang kuat secara ekonomi.

", meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan mensejahterakan masyarakat. Semakin produktif masyarakat, maka semakin baik pertumbuhan ekonominya," kata Muhammad Zuhri Bahri, di Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu.

Menurut dia, peran semua pihak terutama pemerintah melalui Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) sangat berperan besar dalam mendorong peningkatan produktivitas bagi pekerja dan pelaku usaha.

"Kita punya peran terhadap peningkatan produktivitas dan daya saing di dunia usaha. Dunia usaha ini merupakan sektor perekonomian kita yang perlu mendapatkan sokongan yang sinergi dari kita semua, sehingga tumbuh pengusaha pengusaha yang handal yang mampu berkontribusi, baik dalam kancah regional maupun dalam kancah global," kata Zuhri.

Direktur Binalattas itu menargetkan peningkatan produktivitas pekerja Indonesia sehingga kelak mampu melampaui produktivitas tenagakerja negara ASEAN lainnya, terutama negara tetangga Singapura yang saat ini di posisi pertama dan Malaysia pada posisi kedua, serta Thailand diposisi ketiga.

"Oktober ini kita punya komitmen kuat di dalam rangka meningkatkan produktivitas dan daya saing kita sebagai bangsa di kancah pasar global. Kami menargetkan dua bulan ini bisa melampaui Malaysia dan Thailand," harapnya.

Zuhri juga menjelaskan secara nasional produktivitas wirausaha Indonesia saat ini baru mencapai 3 persen dari jumlah total penduduk Indonesia yang jumlahnya 267 juta jiwa. Sementara negara Singapura sudah mencapai 8-9  persen, Malaysia tujuh persen, dan Thailand lima persen.

Baca juga: Pemerintah terbitkan pedoman baru K3 untuk tingkatkan produktivitas
 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019