counter

Polres Bukittinggi luncurkan sikoperbukit.com mempermudah cek perkara

Polres Bukittinggi luncurkan sikoperbukit.com mempermudah cek perkara

Tangkapan layar sikoperbukit.com (Antara Sumbar/istimewa)

Bukittinggi, (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Bukittinggi, Sumatera Barat menyediakan layanan untuk mempermudah masyarakat mengikuti perkembangan perkara yang telah diadukan.

Kaur Bin Ops Satuan Reserse Kriminal Polres Bukittinggi Ipda Rommi Kurniawan, di Bukittinggi, Minggu, mengatakan masyarakat dapat mengakses perkembangan perkara melalui sikoperbukit.com.

Layanan itu mulai dibuat Agustus 2018 dan masih terus dikembangkan dengan tujuan memberikan kepastian hukum bagi masyarakat serta mempermudah mengetahui sejauh mana perkembangan perkara yang diadukan ditangani oleh kepolisian.

"Biasanya warga yang pernah melaporkan suatu perkara akan ke kantor untuk bertanya perkembangan kasusnya. Jika penyidik sedang di lapangan tentu warga kecewa apalagi jika jarak rumah ke polres jauh. Jadi dengan sikoper bisa lebih mudah," ujarnya lagi.
Baca juga: Polisi ajak masyarakat bijak gunakan media sosial

Sikoper merupakan singkatan dari sistem kontrol perkara. Sikoperbukit.com sementara baru dapat diakses oleh warga pelapor yang diberikan nama pengguna dan kata kunci untuk mengakses laman tersebut.

Selain sikoperbukit.com, Polres Bukittinggi juga membuka layanan ruang konsultasi publik di ruang KBO Satreskrim bagi warga yang ingin berkonsultasi seputar masalah hukum yang sedang dihadapi.

Ruang itu disediakan sekaligus untuk membentuk pandangan masyarakat bahwa kantor polisi ada untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat.

"Di ruang konsultasi publik bisa konsultasi, mungkin ada yang bingung soal perkara yang dihadapi apakah masuk ranah pidana atau perdata. Ada petugas kami yang melayani," ujarnya.

Layanan tersebut dibuka setiap hari kerja dan setiap hari libur tetap ada petugas piket yang akan melayani.

Pewarta: Syahrul Rahmat/Ira Febrianti
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar