Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik, Jerry Massie menyebutkan, tiga tokoh senior Partai Golkar akan mendukung Airlangga Hartarto di Musyawarah Nasional (Munas) untuk memenangkan posisi Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024.

"Ada lima tokoh penting Partai Golkar yang mendukung salah satu kandidat di Munas Golkar nanti, yakni Jusuf Kalla, Luhut Binsar Panjaitan, Akbar Tanjung, Aburizal Bakrie (Ical) dan Agung Laksono," kata Jerry, di Jakarta, Senin.

Namun, lanjut dia, Jusuf Kalla, Luhut dan Agung Laksono akan mendukung petahana Airlangga Hartarto.

"Sementara Ical dan Akbar Tanjung akan kuat mendukung Bambang Soesatyo (Bamsoet)," kata Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies ini.

Jerry menilai peluang Bamsoet dalam bursa calon ketua umum partai berlambang Pohon Beringin itu tipis bila melihat kondisi di lapangan.

"Bagi saya, Airlangga dengan gaya kepemimpinan yang melankolis dan flegmatis maka menjadi garansi akan terpilih lagi," tuturnya.

Hal itu, kata Jerry, bisa dilihat dari dukungan sejumlah DPD serta kehadiran seluruh ketua-ketua DPD beberapa waktu lalu yang memberikan isyarat Airlangga masih berpeluang.

"Akan berat jika Agung Laksono dan tokoh-tokoh penting lainnya yang tak mendukung Airlangga lagi," ucap Jerry.

Kalau Bamsoet bakal unggul di pemilih milenial di Golkar, namun secara rata-rata tokoh-tokoh muda masih menginginkan Airlangga. Tapi bergabungnya Azis Syamsuddin ke gerbong Airlangga maka akan lebih berat lagi.

Baca juga: Melihat Golkar kian terpuruk, Indra Bambang Utoyo maju dalam munas

Hal itu mengingat Azis dan Agus Gumiwang tokoh muda potensial Golkar di kubu Airlangga.

"Bagi saya peluang 60-40 maupun 55-45 di atas kertas masih Airlangga yang unggul. Tapi bisa saja Bamsoet menyalip Airlangga jika isu yang dimainkan bisa mempengaruhi pemilih mainstream di Golkar," katanya.

Ia menambahkan yang bisa mengalahkan Airlangga jika isu suara Golkar hanya 85 dan ketua Golkar tidak bisa dua periode diterima.

Airlangga pun bisa terjegal jika lobi ke tokoh-tokoh penting Golkar lemah serta komitmen politiknya kurang.

Baca juga: Turunnya kursi Golkar jadi peluang Bamsoet kalahkan Airlangga

Sejauh ini, sejumlah kader Golkar sudah mendeklarasikan maju sebagai calon Ketum Golkar, yakni petahana Airlangga Hartarto, Bambang Soesatyo, Ali Yahya, Ulla Nuchrawatty, Marlinda Irwanti, dan Indra Bambang Utoyo.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019