Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang menjajaki kerja sama dengan Distrik Brcko, Bosnia dan Herzegovina di bidang pariwisata, kebudayaan dan pendidikan.

Kerja sama dalam Sister City tersebut dilakukan dengan penandatangan "Letter of Intent" antara Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dan Head of Delegation from Brcko District Damir Bulcevic di Magelang, Senin.

Penandatangan kerja sama tersebut disaksikan langsung oleh Duta Besar RI untuk Sarajevo, Amelia Achmad Yani.

Amelia Achmad Yani mengatakan kedua kota mempunyai kesamaan meskipun satu di wilayah Eropa Timur dan satunya di Indonesia.
Baca juga: Kota Magelang-Belanda jajaki kerja sama "sister city"

"Wali Kota ingin melakukan sister city dengan Indonesia yang ada hubungannya dengan kebudayaan, pendidikan, pariwisata, dan perdagangan," katanya.

"Saya rasa yang paling tepat adalah pariwisata, kemudian kerja sama pendidikan, kami ingin mahasiswa dari wilayah Magelang bisa leadership program dengan wilayah Brcko. Selain pariwisata, juga perdagangan karena di sana ada pelabuhan," katanya.

Damir Bulcevic mengatakan penandatangan kerja sama ini merupakan jalan pembuka untuk kerja sama yang lebih jauh lagi dengan Kota Magelang. Nantinya bisa saling tukar-menukar, baik pelajar/mahasiswa atau dosen dan juga kebudaayan.

Ia mengundang Pemkot Magelang untuk datang ke Bosnia terutama ke Distrik Brcko sekitar bulan Oktover atau November mendatang.

Sigit Widyonindito mengatakan penandatangan letter of intent ini, nantinya masing-masing akan saling mempelajari keunggulan daerah baik menyangkut bidang kebudayaan, pendidikan, dan nantinya akan ada skala prioritasnya.

"Masing-masing saya kira saling mempelajari keunggulan daerah apakah bidang kebudayaan, pendidikan, nanti ada skala prioritas tentunya yang akan kita kerja samakan," katanya.
Baca juga: Festival lembah merapi dorong promosi wisata Magelang
Baca juga: Candi Borobudur dipenuhi wisatawan

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019