counter

Citilink akan buka penerbangan langsung Banyuwangi-Denpasar Agustus

Citilink akan buka penerbangan langsung Banyuwangi-Denpasar Agustus

Ilustrasi - Bupati Banyuwangi Abdullah Aswar Anas memberi sambutan pada Forum Group Discussion (FGD) penguatan rute internasional Citilink Kuala Lumpur-Banyuwangi di Banyuwangi, beberapa waktu lalu. (Istimewa)

kami optimistis pada perkembangan wisata di Banyuwangi, karena orang semakin mudah menuju Banyuwangi
Banyuwangi (ANTARA) - Maskapai penerbangan Citilink Indonesia akan membuka rute penerbangan langsung Denpasar-Banyuwangi, sebagai strategi untuk menarik lebih banyak wisatawan asing berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Senin, mengatakan bahwa Citilink direncanakan membuka dan beroperasi untuk rute Denpasar-Banyuwangi, pada awal Agustus 2019.

"Kami sudah bertemu Citilink beberapa waktu lalu. Jadi, setelah rute Manado-Banyuwangi yang sudah jalan, Citilink akan ekspansi rute Bali-Banyuwangi ini," ujarnya.

Menurut dia, apa yang dilakukan Citilink akan berdampak positif pada geliat pariwisata Banyuwangi, wisatawan semakin mudah berkunjung ke wilayah ujung timur Pulau Jawa itu.

"Ditambah dengan rute baru Banjarmasin-Banyuwangi pp oleh Xpress Air yang akan dioperasikan awal Agustus mendatang, kami optimistis pada perkembangan wisata di Banyuwangi, karena orang semakin mudah menuju Banyuwangi," katanya, dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu VP Cargo dan Ancillary Citilink Indonesia Harismawan Wahyu Adi mengemukakan Citilink bersama Kementerian Pariwisata telah menggelar Forum Group Discussion (FGD) penguatan rute internasional Kuala Lumpur-Banyuwangi.

FGD tersebut, antara lain membahas strategi baru Citilink untuk menarik wisatawan ke Banyuwangi dengan membuka rute Denpasar-Banyuwangi.

"Rute Denpasar-Banyuwangi pp dibuka untuk menarik wisatawan dari Malaysia, sekarang kan sudah berjalan Kuala Lumpur-Banyuwangi, jadi wisatawan Malaysia yang ke Banyuwangi nantinya bisa langsung ke Bali, lalu pulang dari sana. Sebaliknya wisatawan yang ke Bali, bisa lanjut berlibur ke Banyuwangi, lalu balik ke Malaysia," ujar Haris.

Maskapai Citilink juga telah membuka rute Manado-Banyuwangi sejak satu bulan lalu. Manado saat ini banyak dikunjungi wisatawan dari China. Dengan pembukaan rute Manado-Banyuwangi, ia berharap wisatawan China banyak yang berkunjung ke Banyuwangi.

Setelah berlibur di Banyuwangi, menurutnya, wisatawan tersebut bisa melanjutkan perjalanannya dari Banyuwangi ke Bali lalu terbang ke China.

"Strategi ini kami lakukan untuk memperkuat konektivitas penerbangan domestik dan menguatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Banyuwangi. Banyuwangi bakal menjadi mini hub bagi kami," ujarnya.

Selain dua rute tersebut, lanjutnya, Citilink berencana membuka rute Balikpapan-Banyuwangi dan Yogyakarta-Banyuwangi pp.

"Kami bilang ini adalah penguatan rute yang ada. Kami mau jadikan Banyuwangi sebagai mini hub. Beberapa titik kami hubungkan dengan Banyuwangi. Tujuannya mengoneksikan dari luar ke Banyuwangi. Kita create beyond-nya. Tujuannya adalah mendatangkan wisatawan mancanegara," kata Haris.

 

Pewarta: Masuki M. Astro/Novi Husdinarianto
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Penerbangan komersial perdana dari Bandara Kertajati

Komentar