Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi bersama ratusan masyarakat Merauke melahap rute sepanjang 11 km bersepeda dalam gelaran Gowes Nusantara 2019 Etape Merauke, Senin sore.

Didampingi sang istri Sohibah Rohmah, menpora mengayuh sepeda dengan mengitari kota Merauke melalui Taman Mandala, Tugu Trikora, Folder Kodim, TMP Brawijaya, Ahmad Yani, PGT, Muli dan berakhir kembali ke Taman Mandala.

Selain itu, Bupati Merauke Frederikus Gebze juga ikut ambil bagian mengayuh sepeda mereka dalam rangkaian Gowes Nusantara 2019 Etape Merauke.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Gowes Nusantara 2019 yang diselenggarakan bergantian di 50 kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk menggelorakan semangat berolahraga di tengah masyarakat.

Baca juga: Gowes Nusantara 2019 tumbuhkan semangat berolahraga

Kendati mengaku puas dengan sambutan yang didapatkan dari masyarakat Merauke, Menpora menagih agar kegembiraan yang lebih besar bisa diperlihatkan masyarakat ketika menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan PON XX 2020 mendatang.

"Kami akan terus mendukung sebisa mungkin supaya pada PON 2020 sukses penyelenggaraannya," kata Imam di Taman Mandala, Merauke.

"Selama PON Merauke nanti harus lebih ramai, bersuka cita dan bergembira dengan suasana olahraga," ujarnya menambahkan.

Menjawab hal itu, Bupati Frederikus menyampaikan pernyataan yang lebih ambisius, bahwa ia berharap suatu saat nanti Merauke bisa menjadi tuan rumah ajang balap sepeda wisata, Tour d'Sota yang mengekspos titik nol kilometer sisi timur Indonesia.

"Suatu saat mungkin kami bisa menggelar Tour d'Sota, semoga bisa terwujud dan mohon dukungan dari Kemenpora juga," katanya.

Baca juga: Menpora lepas Jelajah Nusantara 2019 dari Titik 0 KM Sota Merauke

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019