counter

Laporan dari Tanah Suci

Jamaah asal Jakarta berkumpul persiapan jelang wukuf

Jamaah asal Jakarta berkumpul persiapan jelang wukuf

Jamaah asal Jakarta berkumpul persiapan jelang wukuf. (Foto: Hanni Sofia)

Untuk itu kami berkumpul dalam rangka mempersiapkan dan memastikan terutama bahwa jamaah harus benar-benar menjaga kesehatannya
Mekkah (ANTARA) - Jamaah calon haji asal Embarkasi Jakarta (JKG-01) atau Kloter 1 Jakarta berkumpul untuk mempersiapkan diri jelang acara puncak haji yakni wukuf di Arafah.

Ketua Kloter 1 JKG-01 Abdul Hadi di Kota Mekkah, Senin, mengatakan rombongannya mulai mempersiapkan diri jelang acara wukuf di Arafah yang merupakan puncak pelaksanaan ibadah haji.

"Untuk itu kami berkumpul dalam rangka mempersiapkan dan memastikan terutama bahwa jamaah harus benar-benar menjaga kesehatannya," ujarnya.

Kloter tersebut terdiri dari 391 calon haji dan petugas yang terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Banten, dan merupakan kloter dari Jakarta pertama yang tiba di Mekkah setelah sebelumnya beribadah di Madinah.

Dalam pertemuan itu, pihaknya memberikan kembali pemahaman tentang manasik haji dan pemahaman tentang teknis keberangkatan dari hotel menuju Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) sekaligus kegiatan selama di Armuzna.

"Kami juga memberikan pemahaman tentang melempar jamarat," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, ia mengimbau kepada jamaah untuk tidak membawa barang-barang yang menyulitkan selama mabit atau bermalam saat Armuzna.

Selain itu jamaah diimbau untuk selalu membawa alat pelindung diri termasuk masker, semprotan air, payung, krim, dan tempat air minum.

"Kesiapan kloter, kami selalu berkomunikasi dan mengadakan pertemuan dengan maktab, kepala rombongan dan kepala regu, dan kami selalu memberikan penjelasan kepada jamaah," tuturnya.

Sementara untuk anggota jamaah yang lansia, uzur, dan berisiko tinggi untuk jamaratnya rencananya akan dibadalkan kepada jamaah yang lebih muda.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

189 jamaah haji asal Kota Madiun tiba di kampung halaman

Komentar