Timika (ANTARA) - Seribuan pelajar SMP di Kota Timika, Papua akan mengggelar tarian "Seka" secara massal bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Lapangan Eks Pasar Swadaya di Jalan Yos Sudarso Timika, Selasa siang.

Kabid Bina Olahraga Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Mimika Abraham Parapea di Timika, Selasa, mengatakan pergelaran tarian "Seka" secara massal tersebut, bagian dari rangkaian kunjungan kerja Menpora Imam Nahrawi selama dua hari di daerah itu.

"Kami sudah menyiapkan seribuan pelajar SMP di Timika untuk ikut dalam tarian 'Seka' massal bersama Bapak Menpora. Kehadiran Bapak Menpora di Timika kiranya dapat memberikan motivasi kepada generasi muda Mimika untuk tidak melupakan budaya dan kearifan lokal," kata dia,

"Seka" merupakan tari pergaulan masyarakat Mimika, terutama Suku Kamoro yang mendiami wilayah pesisir Mimika, mulai dari Farifi perbatasan dengan Kabupaten Kaimana di bagian barat hingga Nakai perbatasan dengan Suku Asmat di bagian timur.

Abraham mengatakan kegiatan utama Menpora Imam Nahrawi selama di Timika pada Selasa hingga Rabu (24/7), yaitu meninjau kesiapan berbagai arena untuk menunjang penyelenggaraan PON XX pada 20 Oktober hingga 2 November 2020.

Timika sebagai salah satu klaster penyelenggara PON Papua akan menjadi tuan rumah untuk kompetisi sembilan cabang olahraga, yaitu atletik, basket, panjat tebing, golf, biliar, futsal, bola tangan, jujitsu, tenis meja, dan babak penyisihan sepak bola putra.

Usai menghadiri acara tari "Seka" dengan ribuan pelajar Timika, Menpora Nahrawi bersama rombongan akan langsung meninjau sejumlah arena yang disiapkan untuk menunjang PON Papua, yaitu Gedung Eme Neme Yauware yang akan dijadikan untuk tenis meja dan jujitsu.

Selanjutnya pada Rabu (24/7), Menpora Nahrawi bersama rombongan melanjutkan peninjauan ke arena golf di Klub Golf Rimba Irian Kuala Kencana, Mimika Sport Compleks sebagai arena atletik dan basket, serta stadion futsal yang akan menggelar kompetisi futsal dan bola tangan.

Baca juga: Hanggar Lanud Biak disiapkan jadi arena PON Papua
Baca juga: Gubernur Papua pastikan venue PON aman pascabanjir

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019