Dorong lansia sehat, Kemenpora gelar festival senam lansia nasional

Dorong lansia sehat, Kemenpora gelar festival senam lansia nasional

Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora, Aris Subiyono (kanan) didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Babel, Suharto usai membuka pelatihan instruktur olahraga lansia di Pangkalpinang, Selasa (23/7) (Babel.antaranews.com/Aprionis)

Pada 1 September tahun ini Kemenpora akan menggelar festival senam lansia di Jakarta,
Pangkalpinang (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga akan menggelar festival senam lanjut usia (lansia), guna mendorong masyarakat lansia di Indonesia untuk berolahraga, aktif dan sehat.

"Pada 1 September tahun ini kita akan menggelar festival senam lansia di Jakarta," kata Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora, Aris Subiyono di Pangkalpinang, Selasa (23/7).

Ia mengatakan sebelum pergelaran festival senam lansia ini, Kemenpora telah melakukan pelatihan instruktur olahraga lansia di 34 provinsi di Indonesia, sebagai persiapan festival tersebut.

"Kita bisa pastikan festival ini akan mengikuti ribuan orang lansia di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang agar kegiatan ini berjalan sukses," ujarnya.

Baca juga: Kemenpora dekati universitas untuk beasiswa atlet

Menurut dia, Kemenpora tahun ini mencanangkan olahraga lansia di Bangka Belitung dan terus terang kementerian hanya melakukan sekali setahun di setiap provinsi sehingga diharapkan pemerintah daerah terus melanjutkan program ini.

"Sekarang ini tingkat partisipasi lansia masih belum seperti yang diharapkan, padahal jika dilihat angka hidup masyarakat yang semakin tinggi harusnya lansia ini dapat semakin aktif dan dapat memaknai kesehatannya di usia tuanya," katanya.

Ia menambahkan pada usia tua ini produktifitas berkurang, sehingga perlu ada kesadaran untuk membuka harapan sendiri agar tetap aktif, bugar dan sehat sehingga dapat mewujudkan Indonesia kuat.

"Bangsa Indonesia ini akan kuat apabila masyarakatnya suka berolahraga, karena ini sudah terbukti orang yang suka berolahraga lebih aktif, bugar dibandingkan orang-orang yang tidak suka berolahraga," katanya. 

Baca juga: Tahun ini tak ada beasiswa kepemudaan
Baca juga: Kemenpora inisiasi 1.000 pemuda anti tawuran

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemenpora dorong peralatan panahan dalam negeri bersertifikat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar