Presiden minta BMKG gandeng aparat keamanan untuk jaga alat pantau

Presiden minta BMKG gandeng aparat keamanan untuk jaga alat pantau

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan dalam acara peresmian pembukaan Rapat Koordinasi Nasional BMKG Tahun 2019 di Istana Negara Jakarta pada Selasa (23/7/2019). ANTARA/Bayu Prasetyo/pri

Jangan sampai baru dipasang dua hari barangnya hilang...
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meminta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bekerja sama dengan aparat keamanan dalam menjaga perkakas seperti alat pemantau cuaca dan alat-alat pendukung sistem peringatan dini bencana.

"Kalau sudah beli, sudah dipasang, tolong dilihat, kontrol, cek terus. Jangan sampai baru dipasang dua hari barangnya hilang. Baru dipasang seminggu sudah enggak ada barangnya," kata Presiden dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional BMKG Tahun 2019 di Istana Negara Jakarta pada Selasa.

Presiden mengatakan bahwa peralatan berteknologi berperan penting dalam kegiatan pemantauan kerawanan bencana.

Dia menjelaskan pula bahwa penjagaan peralatan pemantau merupakan tugas bersama aparat pemerintah dan masyarakat.

"Tulisi saja yang gede-gede. Sangat penting. Untuk dijaga bareng-bareng," kata Presiden.

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa BMKG telah menghasilkan inovasi dalam produk seperti peralatan pemantau cuaca otomatis untuk layanan informasi meteorologi penerbangan di Bandara New Yogyakarta Internasional Airport, sistem prakiraan cuaca berbasis dampak, sistem digital peringatan dini kekeringan meteorologis, dan sistem digital penerimaan informasi gempa bumi dan tsunami.

Inovasi-inovasi tersebut ditujukan untuk meningkatkan integrasi komunikasi antara kementerian dengan lembaga lintas sektor dalam upaya mewujudkan keselamatan dan kesejahteraan bangsa.

Baca juga: Presiden arahkan BMKG tingkatkan koordinasi dengan pemda

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden minta awasi distribusi alkes dan APD

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar