Info Haji

443 Kloter 20 BTH masuk asrama Embarkasi Haji Antara Riau

443 Kloter 20 BTH masuk asrama Embarkasi Haji Antara Riau

441 JCH Riau Tiba di Embarkasi Batam, Besok Berangkat ke Tanah Suci (frislidia2)

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 443 Jamaah Calon Haji kloter 20 embarkasi Batam (BTH) telah masuk ke asrama Embarkasi Haji Antara, Riau pada, Selasa (23/07).

"Jamaah kloter terakhir pada gelombang kedua ini tiba 30 menit lebih awal dari yang sudah dijadwalkan dan bila tidak ada perubahan sesuai jadwal, jamaah calon haji tersebut akan terbang ke Batam dini hari, diangkut dengan bus yang sudah disediakan Pemrov  Riau," kata Pranata Humas Ahli, Kanwil Kemenag Riau Vethria Rahmi di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Vethria Rahmi, para jamaah calon haji kloter 20 BTH tersebut berasal dari Kabupaten Pelalawan, Siak, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kota Pekanbaru, Kuansing, Dumai, Rokqan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, serta petugas kloter 5 orang.

Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Embarkasi Haji Antara Riau H M Saman didampingi Pranata Humas Ahli, Kanwil Kemenag Riau Vethria Rahmi, jamaah calon haji nantinya akan menempati pemondokan di wilayah Syisyah, Mekkah.

"Sebelum berangkat ke Arab Saudi, jamaah calon haji akan dilakukan pemeriksaan kembali mulai dari kesehatan, serta barang bawaan," katanya.

Selain itu, jamaah juga akan mendapatkan satu paket alat kesehatan dan penyerahan uang saku serta menerima gelang besi silver yang dipasang oleh petugas.

Di asrama Embarkasi Haji Antara, katanya, jamaah akan mengikuti beberapa kegiatan serta pembinaan ketua regu (Karu) dan ketua rombongan (Karom) ba'da Ashar.

Saman mengatakan jamaah akan menjalani pemeriksaan x-Ray jelang mengikuti upacara pelepasan. Selanjutnya jamaah tersebut berangkat menuju Bandara SSK II menggunakan bus dan untuk pemberangkatan ke Batam melalui tiga kali penerbangan bersama maskapai penerbangan Lion Air.

"Total jamaah calon haji yang sudah diterbangkan ke Arab Saudi pada tahun 1440 Hijriah/2019 berjumlah 4.837 jamaah, 31 TPHD/TKHD sehingga bila ditotal jamaah calon haji dan TPHD/TKHD berjumlah 4.868," katanya.

Jika ditotal dengan petugas kloter hingga kloter 19 BTH kemarin sebanyak 55 orang, maka total jamaah calon haji Riau yang sudah terbang ke tanah suci mencapai 4.923 orang.

Dari total jamaah calon haji yang terdiri atas 5.359 jamaah dan seluruhnya terbagi dalam 12 kloter penuh dan 1 kloter gabungan dengan Provinsi Kalbar dan Kepri.

"Tercatat calon haji  termuda yakni Hasniatang Binti Kacong Habate berusia 18 tahun, warga Desa Sengalang Kecamatan Keriting Inhil ini tergabung dalam kloter 20 BTH setelah menunggu 9 tahun," katanya.

Sedangkancalon haji tertua berasal dari Kabupaten Indergiri Hulu yakni Riswandi Bin Ahmad Jawali, warga Dusun Margasari Desa Kuala Gading, Kecamatan Batang Cemaku Kabupaten Inhu. Jamaah yang berprofesi sebagai nelayan dan bertani ini tergolong jamaah lansia di usianya yang sudah menginjak 91 tahun.

Baca juga: 445 JCH kloter 9 embarkasi Batam bergerak Ke Mekkah
Baca juga: 442 JCH asal Rokan Hulu masuk asrama embarkasi antara
Baca juga: 447 JCH Kloter 3 Embarkasi Batam bergerak ke Mekkah

Pewarta: Frislidia
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar