Chicago (ANTARA) - Rashad "Rush" Darwish, orang Amerika asal Palestina dari Desa Bittin, dekat Ramallah, Tepi Barat Sungai Jordan, pada Mei mengumumkan pencalonan dirinya dari Partai Demokrat untuk Kongres AS dalam pemilihan umum 2020.

Ia disahkan oleh Dewan Amerika-Palestina di Chicagao pada Senin (22/7), kata Kantor Berita Palestina, WAFA --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa. Dewan tersebut mengatakan dewan mendukung Darwish dalam upayanya dan menyeru anggota agar memilih dia dalam pemilihan umum November 2020.

Darwish, yang mengelola Rush Production, perusahaan kecil produksi multimedia yang berpusat di Chicago, akan menantang veteran AS Dan Lipinski untuk memperebutkan kursi guna mewakili Distrik Kongres Ke-e Illionis.

Darwish, yang berkampanye di Chicago, memposting pernyataan berikut di lama Facebooknya. "Nama saya adalah 'Rush' Darwish. Saya putra dari orang tua imigran. Saya mencalonkan diri buat Kongres sebab dengan sepenuh hati dan jiwa saya, saya mendukung kuat imigran dan ingin melindungi keragaman di negeri ini." 

"Saya bangkit untuk solidaritas buat rakyat di Pawai di Daler Plaza hari ini dan setiap keturunan umat manusia yang bankit menentang ideologi kebencian Donadl Trump. ICE (US Immigration and Customs Enforcement) tak memiliki tempat di Illionis dan tak memiliki tempat di negeri ini. Sebagai anggota Kongres berikutnya anda, saya akan bergabung dengan pemimpin lain untuk memastikan ICE dihapuskan dan menghancurkan setiap kesatuan yang memisahkan anak-anak dari keluarga mereka.," ujarnya.

Rashida Tlaib, seorang pengacara dan juga berasal dari Tepi Barat, adalah orang Amerika-Palestina pertama yang meraih kursi untuk bertugas sebagai Wakil AS buat Distrik Kongres Ke-13 Michigan sejak Januari tahun ini, setelah menang dalam pemilihan paruh-waktu pada 2018.

Sumber: WAFA

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Eliswan Azly
Copyright © ANTARA 2019