Pelajar Jambi ikuti seleksi Siswa Mengenal Nusantara 2019

Pelajar Jambi ikuti seleksi Siswa Mengenal Nusantara 2019

Sejumlah siswa dan siswi SMA dan SMK dari 11 kabupaten/kota di Jambi mengikuti seleksi untuk ikut program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 yang digelar di Hotel Golden Harvest Kota Jambi, Selasa (23/7). Rencananya sebanyak 23 pelajar Jambi akan mengikuti program pertukaran pelajar SMN 2019 ke Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pertengahan Agustus 2019. (Foto Dodi Saputra/Antaranews.com)

Jambi (ANTARA) - Sebanyak 33 siswa SMA dan SMK dari kabupaten/kota di Provinsi Jambi menjalani tahap seleksi sebagai peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang merupakan salah satu program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2019.

Kegiatan seleksi peserta SMN digelar di Hotel V Kota Jambi, Selasa (23/7).

Dari 33 siswa SMA/SMK yang mengikuti seleksi hanya dipilih 20 siswa ditambah tiga siswa difabel yang kemudian diberangkatkan ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Program pertukaran pelajar tahun ini dimotori tiga perusahaan BUMN yakni PT Semen Baturaja, PTPN VI dan Jiwasraya. Nantinya setelah peserta SMN Jambi diberangkatkan ke Provinsi NTT, tiga BUMN tersebut akan memfasilitasi Siswa SMN dari NTT selama di Jambi.

PIC PT Semen Baturaja, Aprizal dalam pembukaan seleksi SMN tersebut mengatakan para siswa yang akan mengikuti seleksi tertulis dan wawancara sebelum terpilih dan ditetapkan sebagai peserta SMN 2018.

Kegiatan SMN kata Aprizal merupakan kegiatan rutin yang digelar BUMN sebagai upaya membuka wawasan dan saling mengenal keberagaman daerah di Indonesia.

"Nanti setelah diseleksi akan dipilih 20 orang siswa SMA/SMK, kemudian ditambah tiga siswa difabel. Jadi ada 23 siswa yang akan kita berangkatkan ke Provinsi NTT untuk mengenal dan menambah wawasan tentang Provinsi NTT," kata Aprizal.

Sebelum diberangkatkan, peserta SMN terpilih terlebih dahulu dibekali pengenalan dunia jurnalistik, penulisan, foto dan video (Vlog) untuk media sosial sekaligus menggunakan akun media sosial.

Kemudian latihan kesenian Provinsi Jambi seperti tarian dan nyanyian, penjelasan kegiatan SMN Dan pengenalan BUMN dan Kementerian BUMN. Peserta SMN Jambi akan diberangkatkan via Bandara Sultan Thaha Jambi pada, Kamis (15/8) dan langsung menyambut peserta SMN dari NTT.

Kemudian kegiatan peserta SMN dari NTT selama di Jambi diantaranya makam malam bersama alumni SMN 2018, mengunjungi SMA/SMK unggulan, mengunjungi perpustakaan daerah dan bedah buku diary SMN, mengikuti upacara HUT RI oleh BUMN.

Selanjutnya mengunjungi rumah kreatif BUMN, pengenalan satuan TNI dan wawasan kebangsaan di Makorem 042/Gapu dan kunjungan ke Sanggar Batik dan tempat wisata di Jambi seperti Candi Muarojambi dan Geopark Merangin, mengunjungi warga Suku Anak Dalam (SAD) serta mengunjungi kebun dan pabrik teh, kopi dan kentang Unit Usaha Kayu Aro, Kabupaten Kerinci.

Peserta SMN NTT kembali ke daerah asal pada, Kamis (22/8). Begitu juga dengan peserta SMN Jambi akan tiba di Jambi pada hari yang sama.
Baca juga: Disdik Aceh seleksi peserta Siswa Mengenal Nusantara 2019
Baca juga: Pemprov Gorontalo Apresiasi Program Siswa Mengenal Nusantara
Baca juga: Calon peserta jalani seleksi Siswa Mengenal Nusantara di Gorontalo


 

Pewarta: Syarif Abdullah dan Dodi Saputra
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tanam mangrove untuk jaga kawasan pesisir pantai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar