Pertamina mendukung WASI yang merupakan organisasi di bawah naungan organisasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) memiliki agenda besar pada 3 Agustus 2019 di Manado, Sulawesi Utara.
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) dan Wanita Selam Indonesia (WASI) bekerja sama dalam rangka mengampanyekan edukasi mengenai pentingnya biota bawah laut di kawasan perairan nasional.

"Pertamina dengan bangga mendukung kegiatan tersebut sebagai salah satu wujud jiwa sosial korporasi terhadap upaya pengembangan dan kepedulian sumber daya Indonesia," kata Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pertamina mendukung WASI yang merupakan organisasi di bawah naungan organisasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) memiliki agenda besar pada 3 Agustus 2019 di Manado, Sulawesi Utara.

Agenda tersebut adalah pemecahan tiga rekor dunia yaitu penyelaman massal bertarget 3.000 penyelam, rantai manusia terpanjang di bawah air dan pembentangan bendera terbesar di bawah air.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia dan sebagai upaya ikut mempromosikan banyak hal yang berkaitan dengan laut seperti pariwisata, lingkungan hidup, kelestarian alam dan olahraga selam.

Ketua WASI Tri Tito Karnavian mengatakan, pihaknya berupaya untuk terus meningkatkan kesadaran pentingnya laut bagi kehidupan.

"Melalui kerja sama dengan berbagai pihak salah satunya Pertamina, WASI akan terus berperan aktif dalam mendukung dan mengembangkan program-program pelestarian laut dengan memanfaatkan pengetahuan dan keahlian kami sebagai penyelam.

WASI juga selalu berusaha untuk melibatkan masyarakat di berbagai kegiatan yang dilakukan sehingga kesadaran mereka untuk menjaga kebersihan dan keindahan laut akan semakin meningkat," katanya.

Baca juga: Pertashop Dinilai Berhasil Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

Menurut dia, pantai dan laut yang bersih tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat sekitar pantai tapi membantu pengembangan potensi wisata bahari Indonesia.

Sejalan dengan komitmen WASI tersebut, Pertamina turut mendukung kegiatan upaya pemecahan rekor dunia selam Guinness World Records Official Attempt, dengan harapan akan memberikan manfaat luas kepada masyarakat sekitar.

Sebelumnya, Pertamina bersama WASI telah mengadakan pengobatan gratis, penanaman pohon mangrove serta pembersihan pantai sebagai bentuk kepedulian akan lingkungan serta untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan lingkungan yang lebih hijau.

"Pertamina sangat bangga kepada wanita Indonesia, khususnya mereka yang ikut berpartisipasi dalam upaya pemecahan rekor dunia selam Guinness World Records Official Attempt.

Kegiatan yang diinisiasi oleh WASI ini menunjukkan bahwa wanita Indonesia juga memiliki semangat dan kesempatan yang sama untuk turut berkontribusi mengharumkan nama bangsa serta menggaungkan kelestarian laut Indonesia," kata Nicke.

Melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) yang secara berkelanjutan dilakukan, Pertamina berupaya untuk menjadi perusahaan BUMN yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan.

Beberapa program pelestarian laut lainnya yang diinisiasi Pertamina antara lain hutan mangrove di Balongan dan Cilacap serta budi daya terumbu karang di Teluk Kabung dan Minangkabau.

Sementara khusus di Balikpapan, Pertamina juga melaksanakan program CSR untuk edukasi pentingnya laut berupa edukasi mangrove di Kawasan Ekowisata Mangrove Margomulyo dan budi daya kepiting soka.
Baca juga: Dukung konservasi alam Kepulauan Seribu, BUMN reasuransi tanam mangrove dan transplantasi terumbu karang

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019