counter

TV Suriah laporkan kemungkinan serangan Israel di Suriah Selatan

TV Suriah laporkan kemungkinan serangan Israel di Suriah Selatan

Warga yang mengungsi dari provinsi Deraa tiba dekat wilayah pendudukan Israel, Golan Heights di Quneitra, Suriah, Jumat (29/6/2018). (REUTERS/Alaa Al-Faqir)

Amman, Jordania (ANTARA) - Stasiun televisi negara Suriah pada Rabu mengatakan ada laporan mengenai serangan Israel terhadap satu daerah strategis di Suriah Selatan, tempat beberapa sumber intelijen Barat sebelumnya mengatakan milisi dukungan Iran diketahui berpangkalan.

Berita "flash" tersebut disiarkan oleh stasiun televisi milik negara Ikhbariyah tidak memberi perincian, tapi mengatakan serangan itu ditujukan kepada Tel Haraa, yang telah lama menjadi pos depan pasukan Rusia tapi belakangan diambil-alih oleh milisi dukungan Iran, kata beberapa sumber intelijen Barat.

Tel Haraa adalah daerah yang berada di lokasi strategis di Provinsi Deraa Selatan --yang menghadap ke Dataran Tinggi Golan, yang dikuasai Israel. Sudah bertahun-tahun Tel Haraa menjadi tempat satu pos radar utama militer Rusia sampai gerilyawan merebutnya pada 2014, sebelum direbut kembali oleh militer Suriah tahun lalu.

Zona itu telah menjadi sasaran serangan Israel terhadap milisi dukungan Iran, yang telah berkubu di Suriah Selatan dan Dataran Tinggi Golan di dekat perbatasan dengan Israel.

Pada Juni, militer Suriah menyatakan telah menembak jatuh sejumlah rudal Israel yang ditujukan ke lokasi tersebut.

Dalam beberapa tahun belakangan, Israel telah melancarkan ratusan serangan ke Suriah yang dikatakannya telah ditujukan ke musuh regionalnya, Iran, setelah Hizbullah di Lebanon, yang disebutnya ancaman terbesar di perbatasannya.

Sumber: Reuters
Baca juga: Militer Suriah capai prestasi penting dalam pertempuran di Suriah selatan
Baca juga: Televisi Suriah tayangkan gambar pemusnahan senjata kimia
Baca juga: Militer Suriah umumkan gencatan senjata 48 jam di Deraa

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar