counter

Olimpiade Tokyo 2020 akan perkenalkan robot-robot baru

Olimpiade Tokyo 2020 akan perkenalkan robot-robot baru

Robot tipe maskot Olimpiade 2020 (tokyo2020.org)

Jakarta (ANTARA) - Robot-robot futuristik tipe baru yang canggih akan diperkenalkan untuk melayani para atlet dan penonton pada Olimpiade Tokyo 2020.

Dikutip dari laman resmi Olimpiade Tokyo 2020, Rabu, robot-robot baru akan dikerahkan ke berbagai venue, sehingga para delegasi akan mendapat pengalaman teknologi tinggi yang berkesan saat pesta olahraga sejagat yang paling inovatif dalam sejarah itu.

Sedikitnya ada empat robot futuristik yang bakal diperkenalkan. Di antaranya Miraitowa dan Someity, robot tipe maskot Olimpiade 2020 ini akan menyambut para atlet dan delegasi peserta Olimpiade dengan lambaian, jabatan tangan, serta menyapa setiap orang di setiap venue.

Robot yang dikembangkan oleh Tokyo Motor Corporation itu juga dilengkapi dengan kemampuan mengekspresikan wajahnya dengan berbagai variasi air muka, serta kamera sensor untuk mengenali dan bereaksi terhadap orang didekatnya.

Pihak Toyota dan panitia Olimpiade Tokyo 2020 akan mendiskusikan untuk menyempurnakan robot maskot ini agar lebih ramah dan menyenangkan bagi anak-anak.

Kemudian juga ada robot tipe T-HR Humanoid dan T-TR1 yang bertugas untuk membantu orang-orang yang secara fisik tidak dapat datang ke venue-venue pertandingan saat Olimpiade.

Robot-robot itu akan mentransmisikan suara dan gambar dari lokasi pertandingan ke robot rekannya yang berada di lokasi lain.

Selain itu juga ada Field Support Robot (FSR) akan akan membantu para atlet khususnya cabang atletik nomor lempar.

Robot FSR itu dengan navigasi otomatis akan mengumpulkan benda-benda seperti lembing atau martil yang dilempar atlet. Dengan demikian robot tersebut akan membantu menghemat waktu dalam pengumpulan benda-benda peralatan olahraga, serta mengurangi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan.

Untuk pengoperasian robot FSR ini, panitia Olimpiade Tokyo 2020 dan Toyota akan bekerja sama dengan Federasi Atletik Internasional (IAAF).

Baca juga: Bandara Tokyo akan "bertabur" robot saat Olimpiade 2020

Baca juga: Tokyo berusaha atasi masalah transportasi saat Olimpiade

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Yogyakarta, siapkan Atlet panjat tebing menuju Olimpiade Tokyo 2020

Komentar