Batam (ANTARA) - Jamaah Calon Haji kelompok terbang 17 Embarkasi Hang Nadim Batam mulai melaksanakan umrah sunat dalam rangkaian ibadah haji di Tanah Suci Mekkah.

"Berdasarkan laporan Ketua Kloter 17 Budi Darmawan, sudah ada calon haji yang melaksanakan umrah sunat dengan mengambil miqat di Tan'im," kata Kepala Bagian Humas dan Informasi Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Hang Nadim Batam, Syahbudi, Rabu.

Kloter 17 Embarkasi Hang Nadim terdiri dari jamaah calon haji asal Provinsi Kepulauan Riau yaitu 182 orang Kota Batam, 97 orang Kabupaten Bintan, 172 orang Kabupaten Karimun dan 5 orang petugas kloter.

Hampir seluruh jamaah calon haji telah melaksanakan ibadah umrah wajib dan jamaah dalam kondisi relatif sehat usai melaksanakan ibadah umrah wajib.

"Alhamdulillah usai melaksanakan umrah wajib kemari jamaah calon haji dalam keadaan sehat. Satu orang jamaah yang belum dapat melaksanakan umrah wajibnya karena masih berhalangan," kata dia.

Rencananya, jamaah calon haji mulai melaksanakan penyembelihan hewan dam, sekaligus ziarah di kota Makkah pada Rabu.

Budi melaporkan, seluruh jamaah Kloter 17 mendapatkan pembinaan lagi di Mekah, untuk persiapan rangkaian ibadah berikutnya.

"Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan bimbingan manasik haji kepada jamaah calon haji dan sosialisasi kesehatan menjelang ke Arafah," kata dia.

Ia berharap seluruh rangkaian ibadah dapat dijalani dengan baik dan lancar oleh seluruh jamaah calon haji

Baca juga: JCH Kloter 1 Embarkasi Batam mulai sembelih hewan dam
Baca juga: Dua kloter JCH embarkasi Batam laksanakan Miqat di Bir Ali
Baca juga: 2.250 JCH Embarkasi Batam masih di Madinah

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019