Kota Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 450 Jamaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 19 embarkasi Batam (BTH) siap melaksanakan berbagai ibadah wajib dalam rangkaian menjalankan ibadah haji tahun 2019 setelah tiba dengan selamat di Jeddah.

"JCH kloter 19 BTH menjadi urutan kedua yang mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah untuk fase pemberangkatan gelombang kedua, mereka tiba dengan selamat, Selasa (23/7) sekitar pukul 15.00 Waktu Arab Saudi," kata Pranata Humas Ahli, Kanwil Kemenag Riau Vethria Rahmi di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Rahmi, selanjutnya rombongan JCH sebanyak 450 orang termasuk petugas ini sudah sampai di Mekkah Al Mukarramah sekitar pukul 18.00 WAS (22.00 WIB) Selasa.

Rahmi mengatakan seperti dilaporkan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Jisman, seluruh jamaah tetap diimbau untuk beristirahat di hotel selama dua jam sebelum melaksanakan rangkaian ibadah selanjutnya.

"Jamaah sudah harus berihram dari tanah air, dan menjauhi larangan-larangan ihram,"katanya.

Sementara itu Resman Junaidi selaku ketua kloter 19 BTH, meminta  ketua regu dan ketua rombongan untuk tidak berkenan "lhwa" dengan waktu yang ada selama di tanah suci. Ketua regu dan ketua rombongan perlu mempersiapkan semua hal yang menjadi syarat untuk melaksanakan ibadah, cek kembali semua jamaah.

Jamaah yang terdiri atas 214 jamaah pria dan 236 jamaah wanita ini tercatat 10 orang diantaranya membutuhkan kursi roda dan jamaah beresiko tinggi sebanyak 367 orang.

"Jamaah laki-laki 178 orang dan jamaah perempuan 189 orang, dan jamaah dikomandoi TPHI Resman Junaidi, TPIHI Muaharom serta didampingi tiga orang tim medis yakni Dr. M. Irwan, perawat 1 Zulfikar dan perawat 2 Caswarini," katanya. 

Baca juga: JCH Kloter 17 Batam mulai laksanakan umrah sunat
Baca juga: Jemaah diingatkan tidak bawa banyak uang ke Masjidil Haram



 

Pewarta: Frislidia
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019