Paket air zam-zam untuk jamaah tersebut dibawa oleh pesawat terbang Garuda Indonesia dari Jeddah Arab Saudi menuju asrama haji Donohudan Boyolali, setelah mereka mengantarkan calhaj Embarkasi Surakarta ke Tanah Suci.
Boyolali (ANTARA) - Ribuan paket air zam-zam yang dibagikan kepada jamaah haji Embarkasi Surakarta sudah mulai berdatangan di asrama haji Donohudan Kabupaten Boyolali, Jateng, Rabu (24/7).

Paket air zam-zam untuk jamaah tersebut dibawa oleh pesawat terbang Garuda Indonesia dari Jeddah Arab Saudi menuju asrama haji Donohudan Boyolali, setelah mereka mengantarkan calhaj Embarkasi Surakarta ke Tanah Suci.

Menurut Kepala Sub Bagian Penerangan Humas dan Protokol Embarkasi Surakarta Agus Widakdo kedatangan paket air zam-zam untuk jamaah tersebut ke asrama haji Donuhudan, Boyolali, mulai Minggu (21/7) hingga Rabu ini.

"Air zam-zam diangkut oleh pesawat terbang calhaj, setelah kembali dari Jeddah. Jumlah air zam-zam hingga Rabu ini, sebanyak 13.000 paket," katanya.

Menurut Agus, setiap paket air zam-zam tersebut berisi sebanyak lima liter untuk satu jamaah. Paket air zam-zam dikemas dan disegel dengan baik. Jika ada kerusakan dalam paket air zam-zam akan diganti yang baru oleh pihak penerbangan yakni Garuda Indonesia.

"Air zam-zam ini, diangkut oleh pesawat terbang pengantar calon haji gelombang kedua. Karena, calhaj gelombang kedua dengan rute Embarkasi Surakarta menuju bandara di Jeddah. Air zam-zam diambil dari Jedah," katanya.

Dia mengatakan air zam-zam tersebut setibanya di asrama haji Donohudan Boyolali, kemudian diangkut dengan truk menuju daerah asal calhaj masing-masing.

"Truk pengangkut koper calhaj dari daerah saat mengantarkan ke asrama haji, dan kembalinya mereka membawa paket air zam-zam ini. Air zam-zam akan dibagikan setelah jamaah haji tiba di daerahnya masing-masing," katanya.

Dia mengatakan PPIH Embarkasi Surakarta pada Rabu ini, telah kedatangan calhaj dari daerah sebanyak lima kloter. Lima kloter itu, yakni 60 asal Kabupaten Pati, 61 (Pati dan Jepara), 62 (Jepara), 63 (Jepara), dan 64 (Jepara dan Kudus).

Calhaj lima kloter asal Embarkasi Surakarta tersebut dijadwalkan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo, Kamis (25/7). Calhaj kloter 60 diberangkatkan sekitar pukul 02.20 WIB, kemudian disusul kloter 61 pukul 07.30 WIB, 62 pukul 11.20 WIB.

"Calhaj kloter 63 asal Jepara diterbangkan ke Tanah Suci, pukul 17.00 WIB, kemudian kloter 64 asal Jepara dan Kudus, pukul 18.55 WIB," katanya. ***3***
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019