Karena fisik yang bugar adalah landasan bagi kita dalam melakukan aktivitas kognitif
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) membangun Sarana Olahraga Zona 1 yang berstandar internasional untuk memfasilitasi setiap kegiatan ekstrakurikuler sivitas akademika dalam rangka menciptakan keseimbangan kebutuhan rohani dan jasmani.

"UI tidak hanya mendukung penuh kegiatan akademik melainkan juga kegiatan nonakademik sehingga tercipta kesinambungan antara aktivitas olah pikir dan olahraga," kata Rektor UI Muhammad Anis usai meresmikan pemancangan tiang pembangunan Sarana Olahraga (SOR) Zona 1 di kampus UI Depok, Rabu.

SOR UI merupakan sport center universitas yang fungsinya untuk melayani kebutuhan berolah raga para mahasiswa dari berbagai fakultas dan warga UI lainnya.

Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis M.Met dan Ketua MWA UI Saleh Husin bersama dengan Direktur Pengelolaan dan Pemeliharaan Fasilitas UI Prof. Dr. Ir. Gandjar Kiswanto, M.Eng meresmikan pemancangan tiang pembangunan Sarana Olahraga (SOR) Zona 1.

Sementara itu Ketua Majelis Wali Amanat UI, Saleh Husin mengatakan pembangunan SOR ini untuk menyelaraskan aktivitas akademik dengan ekstrakurikuler. Ini melatarbelakangi UI untuk merevitalisasi sejumlah fasilitas olahraga yang ada di lingkungan kampus hingga menjadi berstandar internasional.

"Dengan begitu segenap sivitas akademika, khususnya mahasiswa berkesempatan membentuk dirinya menjadi sosok yang lengkap, yakni pembelajar yang cerdas, kritis, peduli sekitar, dengan dukungan fisik yang bugar serta rekreasi yang memadai," katanya.

Kehadiran fasilitas olahraga yang baru ini, menurutnya sekaligus menjadi pengingat bagi Rektor UI yang baru dalam tugasnya membawa UI masuk ke dalam 200 besar perguruan tinggi dunia, tak hanya terfokus pada aspek intelektualitas serta inovasi, tapi juga fisik dan rohani para mahasiswa.

"Karena fisik yang bugar adalah landasan bagi kita dalam melakukan aktivitas kognitif," tambah Saleh yang Menteri Perindustrian periode 2014-2016 ini.

SOR Zona 1 akan memiliki 2 Indoor Hall yang masing-masing terdiri atas 3 lapangan multisport, sehingga akan tersedia total 6 lapangan.

Lapangan multisport SOR UI Zona 1 akan mengakomodasi olahraga Futsal, Basket dan Volley. Selain itu akan ditunjang dengan fasilitas lainnya seperti toilet, kamar mandi, ruang ganti dan locker room, gudang, mushola, tangga dan ramp untuk memfasilitasi penyandang disabilitas.

SOR UI akan mengintegrasikan sarana olah raga di setiap fakultas sehingga mahasiswa se-UI dari fakultas manapun dapat berinteraksi.

Ke depannya sarana prasarana olah raga di Fakultas akan direvitalisasi menjadi sarana penghijauan atau untuk menambah fasilitas layanan pengembangan akademik di fakultas.

"Pembangunan SOR UI juga merupakan upaya pengembangan kawasan olah raga yang telah tersedia sebelumnya namun kini diperbaharui agar memadai kebutuhan mahasiswa serta memenuhi standar internasional," jelasnya.

Sebelumnya UI telah memiliki sejumlah Sarana Olahraga, di antaranya Stadion yang terdiri atas Lapangan Sepak Bola dan Atletik ; Indoor Gymnasium (terdiri atas Lapangan Bulu Tangkis dan Lapangan Voli) serta Lapangan Outdoor (Lapangan Hockey ; Lapangan Tenis; Lapangan Basket dan Lapangan Voli.

Dengan semakin meningkatnya antusiasme sivitas akademika di dalam berolah raga, maka UI merevitalisasi Lapangan Tenis, Basket dan Lapangan Voli yang telah ada sebelumnya.

Selain lapangan yang berstandar internasional, SOR Indoor ini dapat tetap mendukung kegiatan olah raga meskipun cuaca tidak mendukung (seperti hujan atau terik).

Diharapkan pemenuhan sarana dan fasilitas Olah raga di UI mampu menciptakan keseimbangan dan keselarasan kebutuhan rohani dan jasmani untuk mencetak SDM yang unggul.


Baca juga: UI kembangkan percontohan sekolah sehat di Depok
Baca juga: Panitia penjaringan rektor UI jemput bola cari figur kapabel 
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019