Saat ini ISTAF telah tergabung dalam saluran pemberitaan IOC bersama 91 cabang olahraga lainnya
Jakarta (ANTARA) -
Federasi sepak takraw dunia (ISTAF) terus melebarkan sayap yang salah satunya dengan bergabung dengan federasi olahraga dunia atau IOC dalam hal pengembangan olahraga tersebut melalui Olympic Channel.

Vice Secretary General International Relation ISTAF Tri Gunawan Hadi dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu mengatakan dengan bergabungnya sepak takraw ke Olympic Channel maka berita-berita tentang sepak takraw diharapkan bisa ditonton oleh masyarakat di seluruh dunia.

"Sasaran utamanya adalah untuk mempermudah jalan bagi sepak takraw untuk segera dipertandingkan di Olimpiade," katanya.

Apa yang dilakukan oleh sepak takraw ini mengikuti cabang olahraga lain yang terlebih dahulu dengan Olympic Channel yang diantaranya Federasi Catur Internasional (FIDE) dan Federasi Perahu Naga Internasional (IDBF).

"Saat ini ISTAF telah tergabung dalam saluran pemberitaan IOC bersama 91 cabang olahraga lainnya," kata Tri Gunawan Hadi menambahkan.

Sementara itu, Secretary of General ISTAF Dato' Abdul Halim Kader menyampaikan rasa terimakasih ISTAF bisa bergabung dengan Olympic Channel. ISTAF optimistis sepak takraw akan mencapai jumlah penonton yang jauh lebih besar.

Saat ini, kata dia, cabang olahraga sepak takraw baru dipertandingkan di multi event ditingkat Asia Tenggara (SEA Games) dan Asia (Asian Games) sehingga beberapa negara di benua Eropa, Amerika dan Afrika belum familiar dengan olahraga yang dulu dikenal dengan olahraga kulit rotan.

Dengan bergabung Olympic Channel, perkembangan sepak takraw diharapkan bisa lebih pesat dan selanjutnya bisa dipertandingkan pada kejuaraan multi event paling akbar di dunia yaitu Olimpiade.

Baca juga: Timnas sepak takraw waspadai Thailand-Malaysia di Piala Raja

Baca juga: Kemenpora gelar pelatihan 500 pelatih pemula sepak takraw

Baca juga: Perjuangan sepak takraw mengukir sejarah di Asian Games

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019