counter

Bulu tangkis

Hari kedua Japan Open, empat wakil Indonesia susul ke babak kedua

Hari kedua Japan Open, empat wakil Indonesia susul ke babak kedua

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie dalam turnamen Daihatsu Yonex Japan Open 2019 yang diselenggarakan di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Rabu (24/7/2019). ANTARA/HO-Humas PBSI/aa

Jakarta (ANTARA) - Empat wakil Indonesia menyusul kompatriot senegaranya ke babak kedua turnamen bulu tangkis Daihatsu Yonex Japan Open 2019 di Tokyo, Jepang.

Sebelumnya, tujuh wakil Indonesia, yaitu Gregoria Mariska Tunjung, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, telah lolos ke babak kedua usai mengalahkan lawan-lawannya di babak pertama turnamen yang digelar pada Selasa.

Tunggal putra Jonatan Christie, yang menjadi unggulan keenam, lolos ke babak kedua usai mengalahkan Suppanyu Avihingsanon 21-15, 23-21 di pertandingan lanjutan babak pertama, Rabu.

Pada gim kedua, ketika Jojo sudah unggul 20-16, tiba-tiba lawannya berhasil menyusul dan kedudukan pun menjadi imbang 20-20. Akan tetapi, Jojo berhasil mengontrol dirinya sendiri dan kembali ke permainan awal sekaligus memenangkan gim tersebut.

"Itu yang masih jadi PR saya, kalau sudah unggul dan ada kesempatan menang, tapi tidak bisa diselesaikan dengan baik, sayang sekali. Mungkin itu hal kecil, hal sepele tapi dampaknya besar, jadi harus diperhatikan," kata Jojo seperti dikutip melalui laman resmi PBSI.

Kemudian tiga wakil ganda putra Indonesia juga mampu melewati rintangan pertama turnamen kategori Super 750 itu.

Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso menyudahi perlawanan peringkat 15 Malaysia Goh V Shem/Tan Wee Kiong 24-22, 21-10.

Kemudian juara All England 2019, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kembali menang atas ganda putra Jerman Mark Lamsfuss/Marvin Seidel 21-16, 21-17. Keduanya pekan lalu bertemu di babak kedua turnamen Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

Lalu wakil terakhir yang menyusul ke babak kedua adalah juara Indonesia Open 2018-2019, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang masih terlalu tangguh bagi pasangan China He Ji Ting/Tan Qiang.

Minions menyingkirkan peringkat 10 asal China itu dalam 27 menit, dua gim langsung 21-18, 21-19.

Dari sektor tunggal putri, Fitriani kembali dihentikan oleh unggulan kedua China Chen Yu Fei 5-21, 19-21. Peringkat 31 Indonesia itu juga sebelumnya dihentikan Chen di babak pertama Blibli Indonesia Open 2019.

"Di gim pertama, pergerakan saya masih kurang lepas dan terbawa irama main lawan. Lawan mainnya pelan tapi tiba-tiba dia menyerang dan saya terbawa dengan permainan seperti itu. Dia lebih mengatur irama permainan," kata Fitriani.

Pada gim kedua, Fitriani mencoba bangkit dan berhasil memimpin perolehan skor hingga 17-15, kemudian sempat imbang 19-19. Akan tetapi, Chen lebih unggul di poin-poin akhir dan memenangkan gim kedua.

Wakil ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari juga harus tersingkir usai kalah tiga gim 16-21, 21-8, 21-17 oleh pasangan Denmark Mathias Christiansen/Alexandra Boje.

Dengan demikian 11 wakil Indonesia yang lolos akan menjalani laga babak kedua Japan Open 2019 pada Kamis.

Baca juga: Minions dan The Daddies ke babak kedua Japan Open

Baca juga: Jojo melenggang ke babak dua Japan Open 2019

Baca juga: Rinov/Pitha terhenti di babak pertama Japan Open 2019





 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ketiga kalinya, Ahsan/Hendra juara dunia

Komentar