Jakarta (ANTARA) - PT TASPEN (Persero) mengungkapkan digitalisasi yang dijalankan telah membantu verifikasi terhadap keadaan para pensiunan, semisal untuk mengetahui apakah keberadaan pensiunan itu masih hidup atau sudah meninggal.

"Digitalisasi kita sekarang mengarah pada bagaimana melakukan verifikasi terhadap keadaan para pensiunan," ujar Direktur Operasi TASPEN Ermanza kepada Antara di Jakarta, Selasa (24/7).

Ermanza menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sudah menggunakan digitalisasi dalam pembayaran pensiun, dimana untuk mengetahui keberadaan pensiunan apakah masih hidup atau sudah meninggal, cukup menggunakan smartphone.

Langkah digitalisasi tersebut merupakan salah satu terobosan yang dilakukan TASPEN, yakni digitalisasi dalam melakukan autentikasi.
 


Digitalisasi lainnya yang dilakukan oleh TASPEN ialah digitalisasi dalam hal kerjasama dengan para merchant atau mitra TASPEN, bagaimana melakukan verifikasi tentang kepesertaan itu sendiri sehingga merchant dapat memberikan layanan sesuai dengan harapan.

"Kita akan kembangkan terus digitalisasi ini. Intinya adalah para peserta kita terlayani secara mudah dengan menggunakan teknologi digital tersebut," kata Ermanza.

Sebelumnya TASPEN bersinergi dengan Bank Rakyat Indonesia dalam mengimplementasikan transformasi layanan digital berbasis teknologi informasi ketika memberikan pelayanan pembayaran pensiun.

Digitalisasi layanan pembayaran pensiun merupakan layanan terintegrasi yang dilengkapi dengan "Taspen Smart Card" yang berfungsi sebagai kartu identitas pensiun berbasis data biometrik.

Melalui kerja sama ini, Bank BRI meluncurkan Taspen Smart Card yang berfungsi sebagai kartu ATM dan Debit dengan manfaat tambahan sebagai kartu multi fungsi di mana peserta pensiun diberikan kemudahan kemudahan seperti program diskon/potongan harga di beberapa merchant kerja sama.

Implementasi digitalisasi layanan pembayaran pensiun juga mampu memberikan data pensiunan yang lebih valid, serta memberikan kemudahan kepada seluruh peserta pensiun Taspen dalam melakukan proses otentikasi. Peserta pensiun tidak perlu lagi harus datang ke Kantor Cabang BRI dalam melakukan proses otentikasi.

Baca juga: Taspen-Prodia beri keringanan layanan kesehatan ASN dan pensiunan

Baca juga: Taspen gandeng Grab Indonesia lewat Grab to Work TASPEN 2019

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019