Dengan dibukanya rute tersebut, kini Kota London telah terhubung dengan dua kota besar di Indonesia yaitu Kota Medan dan Denpasar yang ada di Pulau Bali
Medan (ANTARA) - Dibukanya rute Medan melalui Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara, menuju Bandara Internasional London Heathrow oleh Garuda Indonesia, berpotensi mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke kawasan Danau Toba sebagai destinasi unggulan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dengan dibukanya rute tersebut, kini Kota London telah terhubung dengan dua kota besar di Indonesia yaitu Kota Medan dan Denpasar yang ada di Pulau Bali," kata Regional CEO Sumatera Region Garuda Indonesia, Berthon Hutapea di Medan, Sumatera Utara, Kamis.

Ia mengatakan rute tersebut merupakan bentuk dukungan untuk mengembangkan wisata yang ada di Sumatera Utara, khususnya kawasan Danau Toba di Kabupaten Samosir.

Ditargetkan jumlah wisatawan asal Inggris dapat meningkat karena perjalanan langsung ke wilayah Sumatera Utara.

Dibukanya rute Medan-London untuk mendukung program pemerintah yang telah ditetapkan Presiden Jokowi bahwa Danau Toba adalah 1 dari 10 destinasi wisata unggulan yang dikembangkan untuk wisatawan asing.

Selain itu dipilihnya Bandara Internasional Kualanamu yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II dikarenakan bandara tersebut merupakan hub penerbangan terpadat yang berada di wilayah Indonesia bagian barat.

Rute ini membuat wisatawan maupun calon penumpang yang akan bepergian ke London dipastikan akan transit melalui Bandara Internasional Kualanamu, walaupun berangkat dari Denpasar maupun Jakarta.

untuk penerbangan dari Medan ke London maupun sebaliknya, Garuda Indonesia menyiapkan 222 kursi penumpang dengan dua jenis kelas yaitu ekonomi dan bisnis.
 

Pewarta: Juraidi dan Donny
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019