Jakarta (ANTARA) - Huawei kembali mengumumkan ponsel-ponsel buatan mereka tetap mendapatkan pembaruan sistem operasi Android Pie, meski kerja sama mereka dengan Google Android sudah putus beberapa bulan lalu.

Laman Phone Arena, mengutip situs berbahasa China, menuliskan ponsel yang mendapat EMUI 9.1 berbasis Android Pie adalah Huawei Mate 10, Mate 10 Pro, Mate 10 Porsche Design, Mate RS Porsche Design, P20, P2o pro, nova 3, Honor 10, Honor V10 dan Honor Play.

Sayangnya, pembaruan tersebut hanya untuk perangkat di China, belum ada kabar apakah ponsel yang beredar di luar China akan mendapatkan pembaruan yang sama.

Baca juga: Huawei luncurkan ponsel 5G pertama pada akhir Juli

Sekira tiga bulan lalu, Huawei merilis daftar 49 ponsel dan tablet yang akan mendapatkan EMUI 9.1 berbasis Android Pie. Empat dari ponsel tersebut pada saat pengumuman sudah berjalan dengan OS terbaru versi beta, yanitu Mate 20, Mate 20 Pro, Mate 20 X dan Mate 20 Porsche Design.

Pembaruan EMUI 9.1 mencakup sistem file EROFS yang akan memperbaiki performa membaca dan menulis flash memory sekitar 20 persen.

Baca juga: Huawei akan berhentikan ratusan karyawan di AS

Sistem file ini juga lebih ringan, akan ada sekitar 2GB tambahan berkat kompresi setelah diperbarui.

Huawei juga menambahkan mode gaming GPU Turbo 3.0 yang akan berpengaruh ke performa baterai saat bermain game.

Baca juga: Inggris tunda keputusan libatkan Huawei dalam jaringan 5G

Baca juga: OS Huawei Hongmeng lebih cepat dari Android, tersedia musim semi

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019