Belitung, Babel (ANTARA) - Maskapai penerbangan Wings Air membuka rute baru dari Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menuju Bandung, Provinsi Jawa Barat, mulai 9 Agustus 2019.

Airport manager Wings Air Tanjung Pandan, Ahmad Khomaini di Tanjung Pandan, Kamis mengatakan Wings Air akan melayani rute Tanjung Pandan - Bandung sebanyak empat kali dalam seminggu.

"Jadwal penerbangannya empat kali dalam seminggu yakni Senin, Rabu, Jumat dan Minggu," katanya.

Menurut dia, penjualan tiket sudah dibuka sejak, Rabu (24/7), pemesanan bisa dilakukan secara daring di beberapa situs penyedia jasa penjualan tiket perjalanan.

Dalam rute penerbangan itu, maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group tersebut akan mengoperasikan pesawat jenis ATR 72-500/600 berkapasitas 72 orang penumpang.

"Sedangkan untuk resmi beroperasinya dan mulai melakukan penerbangan di rencanakan 9 Agustus 2019 nanti," ujarnya.

Menurut dia, rute Tanjung Pandan - Bandung memang sudah sejak lama direncanakan untuk dibuka guna memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat di daerah itu.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie menyambut baik dibukanya rute penerbangan langsung Wings Air Tanjung Pandan - Bandung guna kemajuan pariwisata di daerah itu.

"Segmennya tentu masyarakat sebagai wisatawan domestik. Karena Jawa Barat penduduknya padat akan sangat potensial kami garap," katanya.

Pemkab Belitung, kata dia, siap mendukung agar rute penerbangan tersebut dapat berkelanjutan sehingga adanya timbal balik yang menguntungkan antar dua daerah tersebut.

"Karena masyarakat Bandung merindukan pantai dan masyarakat Belitung merindukan gunung. Komoditi kita pun beda disana banyak buah dan sayur segar dan Belitung banyak ikan dan hasil laut. Pertukaran pasar ini akan cukup potensial ke depan," katanya.


Baca juga: Wings Air buka rute penerbangan Pangkalpinang-Bandung
Baca juga: Lion dan Wings Air tidak lagi gratiskan bagasi
Baca juga: Wings Air buka penerbangan Tanjungpinang-Letung mulai 9 Juni

Pewarta: Kasmono
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019