Manado (ANTARA) - Tim Pordasi Sulawesi Utara (Sulut) berpeluang untuk meraih juara umum pada babak final Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacuan Kuda Seri I yang akan dilaksanakan di Tegalwaton Salatiga, Minggu (28/7).

Ketua Umum Pengprov Pordasi Sulut Ferry Wowor, di Manado, Kamis, mengatakan pada Kejurnas itu Sulut mengikutsertakan enam kelas dari delapan kelas yang dipertandingkan di babak penyisihan.

"Pada babak penyisihan tersebut, dapat meloloskan lima belas kuda pacu untuk tampil di babak final," katanya.

Ia mengatakan kendatipun persaingan di babak final nanti diprediksikan berlangsung ketat, namun Tim Sulut berpeluang meraih juara umum pada Kejurnas Pacuan Kuda Seri I tersebut.

"Dengan memperhatikan kecepatan kuda pacu dib penyisihan lalu, tim Pordasi Sulut berpeluang meraih juara umum," katanya.

Menurut Wowor, dari enam kelas final yang diikuti kuda pacu Tim Pordasi Sulut, bakal terjadi persaingan dengan tim Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim).

Seperti di kelas Derby 2.000 meter kuda pacu Sukma Nagari milik Olly Dondokambey dari Bendang stabel bakal berjibaku dengan kuda pacu Queen Talasa dari King Halim stabel Jawa Barat, kuda Grand Mayora dari Mayora stabel Jatim dan kuda Cinderela Jatim dari King Halim stabel Jabar, yang semuanya berpeluang juara.

Begitu juga kelas lainnya seperti di kelas 4 tahun C/D jarak 1.600 meter kuda pacu Sulut Mc Kinley dari Miranda stabel milik Olly Dondokambey yang juara nasional dan Pariwangi dari Argomulyo stabel bakal berjibaku dengan kuda pacu Tambak Beras Jateng dan Enjoy Eclipse Banten.

Sedangkan kelas 2 tahun pemula C/D jarak 1.200 meter, kuda pac Sulut Lucky Queen Star daru Agotas stabel milik Ferry Wowor dan Permata Nagari daru Bendang stabel milik Robby Dondokambey bakal beradu cepat dengan kuda pacu Merdeka Jatim.

Untuk kelas 2 tahun pemula A/B jarak 1.400 meter tim Sulut menurunkan kuda pacu Calgara dari Argomulyo stabel yang di babak penyisihan meninggalkan jauh lawannya.
Begitu juga kuda Fox Lady dari All Star stabel milik Steven O.E.Kandouw dan Cahaya Sion dari Prima Sion stabel milik Royke O.Roring bakal berjibaku dengan kuda pacu Armagedon dari King Halim stabek dan Panco dari Aragon stabel Jabar.

Sedangkan untuk kelas 4 tahun A/B jarak 2.000 meter, kuda pacu Queen All Star asal Sulut akan berjibaku dengan kuda pacu Lady Arya Jabar, King Fisal Jatim dan Gagak Lumayang Jateng.

Baca juga: PMJ minta Equinara bantu tingkatkan prestasi atlet berkuda Indonesia

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019