Ujoh Bilang (ANTARA) - Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, kawasan perbatasan negara yang mekar dari Kabupaten Kutai Barat tahun 2013, rencananya tahun 2019 segera menerima siswa baru bagi anak berkebutuhan khusus untuk belajar di sekolah luar biasa (SLB).

"Gedungnya sudah jadi atas bantuan pusat yang dikerjakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim. Dalam waktu dekat bisa beroperasi dan tahun ini juga targetnya menerima siswa baru," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mahulu Feridiana Hendoq di Ujoh Bilang, Kamis.

Untuk tenaga pendidik dan kependidikan di SLB tersebut juga sudah disiapkan oleh Provinsi Kaltim, sehingga pihaknya tinggal membantu provinsi tentang berbagai hal yang dibutuhkan dan yang harus dilengkapi kabupaten, karena kewenangan pengelolaannya ada di provinsi.

Baca juga: 30,4 persen balita "stunting" Mahakam Hulu ditangani Dinkes

Namun demikian, lanjutnya, tenaga pendidik dan kependidikan yang disiapkan oleh provinsi tentu masih kurang. Selain itu, mereka suatu saat juga bisa pindah ke daerah lain, sehingga perlu disiapkan tenaga pendidik dari lokal kabupaten.

Untuk memenuhi kebutuhan guru SLB itu, lanjut dia, Rabu, telah dilakukan tes calon penerima beasiswa untuk calon mahasiswa baru yang akan kuliah di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) selama empat tahun.

"Waktu tes kemarin ada lima orang yang lolos. Mereka inilah yang akan mendapat beasiswa untuk kuliah di Unesa. Setelah lulus di Unesa, sesuai dengan perjanjian yang disepakati oleh kedua pihak, maka mereka akan mengabdi dan menjadi guru di SLB ini," tutur Feridiana.

Baca juga: PT Pertamina Hulu Mahakam operasikan dua sumur baru

Ia menuturkan, untuk menjadi guru SLB tidak bisa sembarang guru, namun harus khusus dari Pendidikan Luar Biasa (PLB) karena para siswa yang dapat pembinaan merupakan anak-anak yang memerlukan perhatian khusus.

"Kami bersyukur karena akhirnya provinsi tahun ini mengoperasikan SLB di Mahulu, tentu hal ini akan berdampak baik terhadap layanan pendidikan khusus karena sejak lama banyak orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, sering bertanya ke saya, kapan punya SLB," tuturnya.

Lokasi SLB Mahulu ini di Kampung Long Melaham, Kecamatan Long Bagun, dengan jarak tempuh sekitar 10 menit perjalanan melalui kendaraan jalur darat dari Ujoh Bilang, Ibu Kota Mahulu.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019