Gaikindo sambut rancangan Perpres Mobil Listrik

Gaikindo sambut rancangan Perpres Mobil Listrik

ilustrasi mobil listrik (pixabay/CC0 Public Domain)

Sekarang silahkan industri otomotif memakai (memanfaatkan) semua yang diberikan dan disediakan oleh pemerintah
Jakarta (ANTARA) - Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto menyatakan pelaku industri menyambut rancangan Peraturan Presiden terkait Mobil Listrik yang dipaparkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada pegelaran Gaikindo International Auto Show (GIIAS).

“Kami sangat gembira tentunya, kami menyambut baik sekali Perpres Mobil Listrik katanya sudah oke dan harmonisasi tarif katanya sudah oke, itu yang kami tunggu-tunggu selama ini,” kata Jongkie dihubungi di Jakarta, Kamis.

Menurut Jongkie, aturan tersebut sudah sesuai dengan masukan dan rekomendasi dari para pelaku industri kepada pemerintah.

“Jadi bagus, kita sudah senang semua ya. Sekarang silahkan industri otomotif memakai (memanfaatkan) semua yang diberikan dan disediakan oleh pemerintah,” ujar Jongkie.

Gaikindo akan mempelajari secara detil setelah Presiden Joko Widodo betul-betul menandatangani insentif untuk industri otomotif nasional tersebut.

“Jadi sekarang ini kan masa persiapan buat semua merek, sudah jelas bahwa dua tahun lagi akan begini petanya, model yang mana yang mau dibikin, mana yang mau diekspor dan seterusnya,” tukas Jongkie.

Ia meyakini, Perpres ini akan mendatangkan investasi di dalam negeri, sementara industri oromotif yang ada juga mempersiapkan diri.

“Ya pasti dong (datangkan investasi). Andaikata sekarang ada yang belum produksi hybrid atau plug in hybrid atau electric vehicle (ev) pokoknya dua tahun lagi tarifnya pasti akan begini,” pungkasnya.

Baca juga: Menkeu: Insentif pajak mobil listrik diteken Presiden pekan ini
Baca juga: Gaikindo: Infrastruktur mutlak dibangun sebelum produksi mobil listrik


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pengamat: sepeda motor listrik juga harus dikembangkan

Komentar