"Produce X 101" bantah tuduhan kecurangan

"Produce X 101" bantah tuduhan kecurangan

"Produce X 101" (Instagram.com/produce_x_101)

Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara ajang pencarian idola "Produce X 101" membantah dugaan kecurangan dalam perhitungan babak final program yang dilontarkan sejumlah pihak.

Melalui media sosial, seperti dilansir dari Soompi, Kamis, penyelenggara "Produce X 101" menegaskan tidak ada masalah dengan peringkat total dalam proses penghitungan dan jumlah total suara para peserta.

Staf yang bertugas menghitung suara selama pertunjukan langsung memvalidasi peringkat melalui berbagai metode dengan mencatat peringkat berdasarkan jumlah suara. Mereka juga menghitung berdasarkan persentase suara masing-masing peserta.​​​​​

Selama pertunjukan final pada 19 Juli, "Produce X 101" mengungkapkan jumlah total suara yang diperoleh individu berdasarkan total suara dari Internet (online) dan dari siaran langsung.

Baca juga: Lee Jin-hyuk dan finalis "Produce X 101" berpeluang tipis bentuk "BY9"

"Kami sekali lagi mengonfirmasi tidak ada perubahan peringkat dalam proses itu," kata perwakilan "Produce X 101".

Mereka berjanji untuk meningkatkan sistem pemungutan suara dan sistem perhitungan demi mencegah kesalahpahaman serupa pada ajang berikutnya.

"Staf produksi kami akan berupaya penuh menghasilkan program yang lebih transparan dan adil pada masa depan," katanya.

Sebelumnya, para penggemar berspekulasi tentang manipulasi suara dalam siaran langsung setelah membandingkan total suara peserta yang diumumkan pada babak final.

Baca juga: Han Seung-woo terpilih sebagai pemimpin X1 "Produce X 101"

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar