Pakistan akan kirim angkasawan pertama ke ruang angkasa pada 2022

Pakistan akan kirim angkasawan pertama ke ruang angkasa pada 2022

Ilustrasi foto yang diambil dari Stasiun Ruang Angkasa Internasional dan diposting di media sosial oleh astronot Ricky Arnold menunjukkan Badai Lane pada dini hari dekat Hawaii, Amerika Serikat, Rabu (22/8/2018). (Courtesy @astro_ricky/NASA/Handout via REUTERS)

Islamabad (ANTARA) - Pakistan pada Kamis mengatakan berniat untuk mengirim astronot pertamanya ke antariksa pada 2022 dan akan mulai menyeleksi para calonnya pada tahun depan.

Negara tetangga dan musuh bebuyutannya, India, telah mengirim angkasawan pertama ke ruang angkasa pada 1984 dalam misi bersama dipimpin Soviet. Negara itu meluncurkan roket ke antariksa pada Senin untuk usaha mendaratkan pengelananya dengan aman di bulan, sebagai misi ambisiusnya saat ini.

Program Pakistan itu diumumkan 50 tahun setelah misi luar angkasa Amerika Apollo 11 mendaratkan manusia pertama di bulan, menandai permulaan baru setelah memusatkan perhatian pada pengembangan satelit-satelit komunikasi.

Baca juga: Tiga astronot dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional

"Hal ini akan menjadi langkah terbesar dalam sejarah kami untuk kegiatan luar angkasa," kata Menteri Teknologi dan iptek Chaudhry Fawad Hussain dalam cuitan di Twitter.

Satu panitia pemilihan akan mulai menyeleksi para calon pada akhir Februari, katanya.

Badan Antariksa Nasional Pakistan, SUPARCO dibentuk tahun 1961 dan meluncurkan satelit komunikasi pertama 50 tahun kemudian dengan bantuan Badan Antariksa dan Kerjasama Teknologi China.

Baca juga: Astronot berhasil ganti komputer di angkasa
Baca juga: NASA: Astronot Amerika "paling berpengalaman" meninggal dunia


Sumber: Reuters

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar