Bola Basket

Elang Cup 2019 bakal jadi debut Toroman latih timnas basket putra

Elang Cup 2019 bakal jadi debut Toroman latih timnas basket putra

Pelatih kepala tim nasional bola basket putra Indonesia Rajko Toroman (kedua kanan) memberikan arahan saat memimpin sesi latihan hari perdananya di GBK Arena, Jakarta, Kamis (25/7/2019). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih asal Serbia Rajko Toroman bakal melakoni debut menangani tim nasional bola basket putra Indonesia dalam turnamen invitasi tahunan Elang Cup 2019 di Medan, Sumatra Utara, 7-13 Agustus.

Toroman memimpin dua sesi latihan hari pertamanya menangani timnas basket putra di GBK Arena, Jakarta, Kamis.

Sebanyak sembilan pemain yang sebelumnya tampil di bawah arahan Wahyu Widayat Jati dalam turnamen William Jones Cup 2019 di Taiwan 12-21 Juli lalu, kembali diberi kesempatan oleh Toroman untuk memperkuat timnas basket putra jelang Elang Cup 2019.

Kesembilan pemain itu adalah Kaleb Ramot Gemilang, Juan Laurent Kokodiputra, Arif Hidayat, Yanuar Dwi Priasmoro, Mei Joni, Muhammad Hardian Wicaksono, Indra Muhammad, Tri Hartanto dan Widyanta Putra Teja.

Sementara enam pemain baru yang dipanggil dalam seleksi saat ini adalah Abraham Damar Grahita, David Liberty Nuban, Hardianus Lakudu, Laurentius Oei, M. Reza F. Guntara dan Rivaldo Tandra Pangesthio.

"Saya sudah menyaksikan mereka di William Jones Cup kemarin. Sebagian memang tidak ambil bagian ke sini saat ini, karena kami sedang mencoba mencari pemain-pemain terbaik di Indonesia," kata Toroman selepas mendampingi sesi latihan Kamis sore.

Baca juga: Perbasi perkenalkan Rajko Toroman, walau belum resmi ditunjuk

Toroman mengakui tak ada target khusus baginya pribadi dalam keikutsertaan di Elang Cup 2019 nanti, kecuali ia ingin melihat bagaimana para pemain merespon filosofi permainan yang coba diterapkannya.

"Tentu saja kami akan berusaha memenangi setiap permainan, tapi bukan itu tujuan utamanya, saya ingin para pemain bisa dulu menerapkan filosofi permainan yang saya bawa," katanya.

"Jika ada peningkatan, terutama di area pertahanan, saya mungkin akan cukup puas," ujar Toroman melengkapi.

Elang Cup 2019 bakal digelar di Medan pada 7-13 Agustus antara lain diikuti pula oleh dua tim Liga Bola Basket Indonesia (IBL), Satria Muda Pertamina Jakarta dan Prawira Bandung.

Baca juga: Indonesia dapat lampu hijau FIBA usai empat kali ajukan calon pelatih

Berikut daftar pemain yang mengikuti seleksi timnas pra-Elang Cup 2019:

1. Kaleb Ramot Gemilang
2. Juan Laurent Kokodiputra
3. Arif Hidayat
4. Yanuar Dwi Priasmoro
5. Mei Joni
6. Muhammad Hardian Wicaksono
7. Indra Muhammad
8. Tri Hartanto
9. Widyanta Putra Teja
10. M. Reza F. Guntara
11. Abraham Damar Grahita
12. Hardianus Lakudu
13. Laurentius Oei
14. Rivaldo Tandra Pangesthio
15. David Liberty Nuban

Baca juga: Jadwal kualifikasi FIBA Asia, Indonesia jamu Korsel

Baca juga: Juan Laurent borong 21 poin, tapi Indonesia kalah lawan Filipina

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar