counter

Jalan bakal calon ibu kota negara tanpa penerangan

Jalan bakal calon ibu kota negara tanpa penerangan

Keadaan jalan bakal calon Ibu Kota Negara Indonesia, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah masih tanpa penerangan. (Afut Syafril)

Palangkaraya (ANTARA) - Sepanjang jalan raya yang berjarak sekitar 135 km dari Palangkaraya hingga Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah di mana lokasi bakal calon ibu kota Indonesia masih nyaris tanpa penerangan.

Berdasarkan pengamatan Antara di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis malam, hanya ada satu lampu jalan raya dengan tenaga surya sepanjang 135 km tersebut.

Keadaan geografis yang masih minim perkampungan, hanya ada lahan sawit dan sisanya adalah hutan membuat suasana malam gelap gulita bila tanpa adanya bantuan lampu jalanan.

Akan menjadi kendala yang berarti bila kendaraan mengalami kerusakan lampu, karena hanya akan mengandalkan cahaya bulan dan tentu saja belum cukup memenuhi jarak pandang mata minimal saat berkendara.

Secara umum infrastruktur jalanan sudah layak, dengan aspal yang sudah halus sekitar 70 persen panjang jalan.

Hanya saja masih banyak jalan yang rusak parah pada beberapa titik ketika sudah melewati tugu masuk Kabupaten Gunung Mas.

Kerusakan jalan bahkan mampu memberikan kerusakan berarti apabila pengguna jalan memakai mobil jenis suspensi rendah seperti sedan.

Namun, ketika Antara melalui jalan rusak tersebut, sudah ada sebagian jalan yang mulai dikerjakan proyek perbaikan jalan pada titik-titik tertentu.

Tim Antara cukup beruntung karena cuaca masih mendukung, apabila terjadi hujan maka beberapa titik jalan akan sulit dilewati menuju Gunung Mas.

Presiden Joko Widodo sempat berkeliling Kalimantan Tengah untuk menentukan titik ibu kota Indonesia yang baru, dan Kabupaten Gunung Mas menjadi salah satu pertimbangan titik pusat bakal calon ibu kota.

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden tinjau Penajam Paser Utara November mendatang

Komentar