counter

Kemarin, 27 warga buang sampah disidang hingga mobil tabrak polisi

Kemarin, 27 warga buang sampah disidang hingga mobil tabrak polisi

Warga Bogor yang membuang sampah sembarangan saat menjalani proses sidang tipiring di Pengadilan Negeri Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/7/2019). (M Fikri Setiawan)

Jakarta (ANTARA) - Kemarin, Kamis (25/07/2019) sejumlah berita hukum menjadi perhatian pembaca, mulai dari 27 warga Bogor diadili gara-gara buang sampah sembarangan hingga kata polisi terkait video viral mobil menabrak polisi di Bandung, Jawa Barat.

Berikut sejumlah berita hukum kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:


27 warga Bogor diadili gara-gara buang sampah sembarangan

Pengadilan Negeri (PN) Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengadili sebanyak 27 warga yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) membuang sampah sembarangan, pada Kamis (25/7/2019).

Kabid Penegakan Perundang-Undangan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor, Agus Ridho mengatakan, 27 warga ini dikenakan sanksi tindak pidana ringan (Tipiring), sesuai yang tertuang dalam pasal 9 ayat 2 Peraturan Daerah (Perda) No 4 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum.

"Masing-masing pelanggar dikenakan denda Rp101 ribu oleh Pengadilan Negeri Cibinong," ujarnya kepada Antara di Cibinong, Bogor.

Selengkapnya di sini


KPK pastikan penyidikan kasus suap Garuda Indonesia tetap berjalan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bahwa penyidikan kasus dugaan suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus S.A.S dan Rolls-Royce P.L.C pada PT Garuda Indonesia tetap berjalan.

Hal tersebut sebagai respons terkait penghentian kasus korupsi oleh Serious Fraud Office (SFO) Inggris terhadap individu-individu di perusahaan Rolls-Royce P.L.C.

"KPK sudah berkoordinasi secara intens dengan SFO sejak awal dalam penanganan perkara ini. Penghentian tersebut tidak berpengaruh pada penanganan perkara yang sekarang sedang berjalan di KPK, jadi penyidikan tetap berjalan. Bahkan minggu depan direncanakan pemeriksaan tersangka dan saksi lainnya," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini


KPK tidak temukan uang Rp500 juta saat tangkap Umar Ritonga


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak menemukan uang Rp500 juta saat menangkap tersangka Umar Ritonga (UMR) yang telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Umar merupakan tersangka kasus dugaan suap terhadap mantan Bupati Labuhanbatu Sumatera Utara Pangonal Harahap. Ia juga diketahui orang dekat dari Pangonal.

"Uang Rp500 juta yang dulu diduga dibawa yang bersangkutan sudah tidak ditemukan di lokasi tadi," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Yuyuk Andriati di gedung KPK, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini


LAN tawarkan program rehab narkoba khusus artis


Ketua Umum Lembaga Anti-Narkotika (LAN) Ibrahim Saehaia mengatakan LAN memiliki program rehabilitasi narkoba khusus untuk para pelaku budaya, artis, dan selebritas.

“Di LAN ini kami ada divisi seni dan budaya yang fungsinya merangkul para selebritas, pelaku budaya, artis, dan sebagainya agar mereka terlepas dari pengaruh narkoba,” kata Ibrahim di Bandung saat dihubungi Antara, Kamis.

Ibrahim mengatakan dalam program itu para pesohor tidak hanya diberlakukan pasif seperti pendengar ceramah dan penyuluhan-penyuluhan saja namun juga dilibatkan sebagai penyemangat satu sama lain atau juru kampanye (jurkam) antinarkoba bagi masyarakat.

Selengkapnya di sini


Ini kata polisi terkait video viral mobil menabrak polisi di Bandung


Baru-baru ini di Kota Bandung ada fenomena anggota polisi yang berusaha memberhentikan mobil hitam dengan menempel di atas kap yang beredar melalui video unggahan warganet.
Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo membenarkan peristiwa tersebut. Dia menjelaskan, mulanya pelaku melanggar lampu merah dan dihentikan oleh seorang polisi.

"Kendaraan itu tidak mau berhenti juga malah nabrak anggota untuk menyelamatkan (diri), anggota akhirnya naik ke kap mesin," kata Bayu di Bandung, Kamis.

Bayu menuturkan pelaku justru mengabaikan perintah dan terus melajukan kendaraannya. Kemudian, lanjut Bayu, polisi lainnya berupaya untuk menghentikan kendaraan. Akan tetapi, pengemudi tetap memaksa melaju bahkan menabrak petugas.

Selengkapnya di sini
 

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Mengedukasi dan mencari solusi masalah sampah

Komentar