Jakarta (ANTARA) - Cucu mantan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Pol (pur) Roesmanhadi, Rangga Wirabrata Mahardika (16) akan mengambil bagian dalam prosesi pengibaran Sang Saka Merah Putih di Istana Presiden saat peringatan Kemerdekaan ke-74 Tahun Indonesia, Sabtu (17/7).

"Saya bangga bisa bergabung dalam formasi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2019," ujar Rangga kepada Antara dalam kegiatan pelatihan Paskibraka tingkat nasional di Auditorium Wisma Kemenpora Jakarta, Jumat siang.

Putra dari pasangan Irwan Anwar dan Dwi Wahyuni itu merupakan cucu kelima dari Roesmanhadi yang berhasil lolos seleksi Paskibraka mewakili Provinsi Jawa Barat bersama rekannya, Fara El Diba.

Pelajar SMA President Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, itu menyisihkan 1.800 peserta tingkat Kabupaten Bekasi pada proses seleksi Mei 2019.

Rangga yang bercita-cita menjadi polisi, juga berhasil menyisihkan 80 peserta seleksi yang mewakili sejumlah daerah di Jawa Barat.

"Pada seleksi nasional, saya masuk 36 besar untuk dipilih dua perwakilan dari Jabar. Saya lolos bersama Fara," katanya.

Rangga berharap kesempatan bergabung di Paskibraka bisa memuluskan langkahnya membanggakan orang tua, hingga kelak berprofesi yang sama dengan sang kakek maupun ayahnya.

"Saya ingin banggakan keluarga jadi polisi," kata Rangga.

Rangga kini bergabung bersama 68 tim Paskibraka formasi 2019 dari 34 provinsi untuk menjalani pelatihan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Cibubur, mulai 26 Juli hingga 23 Agustus 2019.

Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Ni'am Sholeh, memastikan parameter rekrutmen peserta Paskibraka didasari atas pertimbangan pendekatan kompetensi, kemampuan, fisik, kemampuan baris berbaris, stabilitas emosi serta mampu bekerja sama.

"Parameternya prestasi dan pemenuhan syarat tanpa embel-embel kedekatan apa pun, beragam latar belakang dari cucu Kapolri hingga anak TKW (Tenaga Kerja Wanita)," katanya.

Sebelumnya disebutkan bahwa Rangga adalah cucu Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, namun sumber dari Mabes Polri segera meluruskan informasi yang kurang tepat dari narasumber Antara sebelumnya dan mengatakan bahwa Rangga adalah cucu mantan Kapolri Jenderal Pol (pur) Roesmanhadi.

Baca juga: Menpora beri kejutan spesial kepada anggota Paskibraka
Baca juga: Dispora Kaltim lepas dua Paskibraka Ke Pusdiklat Nasional

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019