Sebagian organ tubuhnya seperti kaki dan tangan mulai membengkak, dan berdasarkan pemeriksaan calhaj itu memiliki riwayat penyakit ginjal, jantung dan Diabetes Melitus
Jambi (ANTARA) - Seorang Calon Haji (Calhaj) Provinsi Jambi yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 22 embarkasi Batam dirujuk ke Rumah Sakit Abdul Manaf karena alami gejala penyakit gagal ginjal.

“Iya, ada satu orang calhaj yang terpaksa kita rujuk ke Rumah Sakit Abdul Manaf, karena sebagian organ tubuhnya seperti kaki dan tangan mulai membengkak, dan berdasarkan pemeriksaan calhaj itu memiliki riwayat penyakit ginjal, jantung dan Diabetes Melitus,” kata Kasi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas III Jambi Andrian Lista Tarigan di Jambi, Jumat.

Calhaj yang dirujuk ke rumah sakit Abdul Manaf itu merupakan calhaj asal Kabupaten Batanghari, Jambi, dengan nomor porsi 201.50003995. Untuk saat ini keberangkatan calhaj tersebut ke Arab Saudi masih berstatus tunda. Karena calhaj tersebut masih mendapatkan perawatan, dan jika kondisi kesehatanannya membaik, calhaj itu kemungkinan akan diberangkatkan ke Arab Saudi bersama calhaj dari kloter lainnya.

Tarigan menjelaskan, pihaknya kini masih terus memantau perkembangan kesehatan dari calhaj itu. Selain itu, saat ini pihak keluarga juga telah mendampingi calhaj itu di rumah sakit.

Baca juga: Dewan dua masjid suci sampaikan kesiapan pelaksanaan haji 1440 Hijriah

“Selain mendapatkan perawatan dari rumah sakit, kita juga sudah menugaskan dokter dari KKP untuk memantau perkembangan kesehatannya,” kata Andrian Lista Tarigan.

Sementara itu, kloter 22 embarkasi Batam Calhaj provinsi itu saat ini sudah berangkat menuju Arab Saudi dari bandara Hang Nadim Batam sekira pukul 10.00 WIB. Terdapat 446 orang calhaj dari provinsi itu yang tergabung dalam kloter 22 tersebut. Dari 446 orang calhaj kloter 22 provinsi itu, terdapat 193 orang laki-laki dan 253 orang perempuan, dan calhaj yang tergolong risiko tinggi berjumlah 190 orang atau sebesar 42,6 persen.

Berdasarkan pemeriksaan akhir terhadap calhaj itu, terdapat tiga jenis penyakit yang terbanyak, diantaranya Disorders of lipoprotein metabolism and other lipodaemias sebanyak 50 orang. Selanjutnya Gout 23 orang dan penyakit essential (primary) hypertension sebanyak 21 orang.

Sementara itu, saat ini di asrama haji provinsi itu telah tiba calhaj kloter 23 provinsi itu yang berasal dari Kabupaten Muaro Bungo dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dan calhaj kloter 23 tersebut akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada esok hari, Sabtu (27/7).

Baca juga: Sempat alami demensia, calhaj Jambi akhirnya diberangkatkan
Baca juga: TKR Mekkah sarankan jamaah kurangi merokok jelang puncak haji

 

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019