Untuk satu tahun pertama kami menargetkan kepesertaan 1.000 Direktur Keuangan dari seluruh Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Perkumpulan Direktur Keuangan Indonesia atau Chief Financial Officer (CFO) Club Indonesia yang secara resmi diluncurkan sejak Selasa (23/7) menargetkan jumlah kepesertaan sebanyak 1.000 anggota hingga tahun 2020.

"Untuk satu tahun pertama kami menargetkan kepesertaan 1.000 Direktur Keuangan dari seluruh Indonesia," kata Ketua Umum CFO Club Indonesia Dasrul Chaniago dalam pernyataan di Jakarta, Jumat.

Dasril mengatakan jumlah tersebut meningkat dari keanggotaan saat ini kurang lebih 300 Direktur Keuangan dari berbagai instansi, seperti perusahaan swasta nasional, maupun multinasional asing dan BUMN.

Baca juga: Kementerian BUMN lantik direktur keuangan baru Istaka Karya

Ia menambahkan forum itu tidak hanya merupakan ajang dan berbagi ilmu namun juga meningkatkan peran para CFO terhadap kemajuan bangsa dalam era Industri 4.0 dan rencana pembangunan Indonesia menuju 2045.

Sekretaris Jenderal CFO Club Indonesia Evi Afiatin menyampaikan bahwa Direktur Keuangan harus menjadi mitra pemerintah dalam perumusan kebijakan keuangan di berbagai bidang seperti perpajakan, likuiditas dan ekspor impor.

Menurut Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan ini, masukan yang diberikan kepada pemerintah dapat sesuai dengan kondisi terkini secara riil di lapangan sehingga kebijakan yang dirumuskan lebih implementatif dengan kebutuhan industri.

Baca juga: Direktur Keuangan Jasa Marga raih penghargaan "The Best Overall CFO"

"CFO Club Indonesia turut berperan serta dalam pembangunan sumberdaya manusia Indonesia khususnya dalam melahirkan para CFO muda yang lebih berkualitas, inovatif, mampu bersaing di kancah global dan siap menjawab tantangan era industri 4.0," ujarnya.

Sebelumnya, peresmian Perkumpulan Direktur Keuangan Indonesia telah berlangsung pada Rabu (23/7) dan dihadiri oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Forum CFO Club Indonesia resmi berbadan hukum melalui Akta Pendirian Nomor 11 tertanggal 28 Februari 2019, yang dibuat oleh Jessy Darmawan S.H M.K.N, dan mendapatkan Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0002586.AH.01.07.Tahun 2019 dengan nama Perkumpulan Direktur Keuangan Indonesia.

Baca juga: WIKA angkat direktur keuangan baru

Selain Evi Afiatin, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto dan Anggota Dewas Puspita Wulandari juga didapuk menjadi Wakil Ketua Dewan Pengawas dan anggota Dewan Pengawas CFO Club Indonesia.

Jajaran pengurus diisi oleh beberapa profesional andal dan ekspratriat antara lain Ari Ashkara (Garuda Indonesia), Hariyadi Sukamdani (Apindo dan Sahid Group), Helmy Yahya (TVRI), Setio Anggoro Dewo (Trakindo Group), Nick Holder (Prudential) dan Sourabh Mishra (Indorama).

Baca juga: PDKI bertekad lahirkan dirkeu muda saingan ekspatriat
 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019