Total realisasi jumlah unit rumah tersebut setara 53,1 persen dari target yang ditetapkan BTN pada 2019 yakni sebanyak 800 ribu unit rumah
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Tabungan Negara (BTN) telah menyalurkan kredit rumah murah untuk 424.863 unit rumah dengan nilai Rp36,42 triliun sebagai wujud menyukseskan Program Satu Juta Rumah yang dicanangkan pemerintah.

"Ini sebagai wujud komitmen Bank BTN untuk terus merealisasikan penyaluran kredit perumahan dan mendukung program satu juta rumah," ujar Direktur Utama Bank BTN Maryono dalam konferensi pers di Menara Bank BTN Jakarta, Jumat.

Penyaluran itu terdiri atas kredit perumahan di segmen subsidi dan nonsubsidi. Di segmen subsidi, perseroan telah menyalurkan kredit perumahan untuk 328.192 unit rumah senilai Rp19,7 triliun.

Baca juga: Perolehan laba bersih Bank BTN sudah capai Rp1,3 triliun

Kemudian di segmen nonsubsidi kredit perumahan yang disalurkan mencapai 96.671 unit atau setara Rp16,72 triliun.

"Total realisasi jumlah unit rumah tersebut setara 53,1 persen dari target yang ditetapkan BTN pada 2019 yakni sebanyak 800 ribu unit rumah," katanya.

Ia menjelaskan sebagai bentuk dukungan dalam menyukseskan program satu juta rumah, BTN telah menggelar berbagai inovasi termasuk menggelar transformasi digital.

Baca juga: Bank BTN siap terbitkan Junior Global Bond pada semester kedua

Dukungan yang diberikan bukan hanya berupa penyaluran KPR tapi juga memperkuat sumber pembiayaan, mendorong keterjangkauan, mendorong sisi ketersediaan rumah.

Kemudian, upaya lainnya yakni bersinergi dengan para pemangku kebijakan perumahan, bermitra dengan berbagai pihak, hingga menggelar sekolah khusus bagi para pengembang.

"Kami akan terus mendukung kesuksesan program satu juta rumah tidak hanya melalui penyaluran kredit perumahan, tapi juga membangun ekosistem pembiayaan perumahan yang berkelanjutan," kata dia.

Baca juga: BTN-TNI kerja sama tingkatkan penyaluran kredit

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019