counter

Para tokoh ramu strategi era pertanian 4.0 untuk masukan Mentan

Para tokoh ramu strategi era pertanian 4.0 untuk masukan Mentan

Forum Group Discussion (FGD) membahas strategi di bidang pertanian era 4.0 di Museum Tanah, Bogor, Jawa Barat. (M Fikri Setiawan).

Akan menjadi saran dari para sesepuh dan senior, bagaimana politik pertanian kita. Sesepuh atau senior ini menganggap banyak hal yang perlu direvitalisasi,
Bogor (ANTARA) - Para tokoh di bidang pertanian meramu strategi di bidang pertanian era 4.0 dalam Forum Group Discussion (FGD) di Museum Tanah, Bogor, Jawa Barat, Jumat, untuk bahan masukan bagi Menteri Pertanian (Mentan) di kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Ingin sekali menyumbangkan pemikiran dari para sesepuh kita yang sudah berpengalaman pada kabinet yang akan datang, mentan khususnya," ujar penyelenggara yang merupakan Pemimpin Umum Sinar Tani, Achmad Saubari Prasojo.

Mereka yang dihadirkan untuk menyumbang gagasan dalam FGD tersebut di antaranya, Prof Achmad Suryana, Prof Agus Pakpahan, Prof Rizaldi Boer, Prof Sumardjo, Prof Hariadi Kartodiharjo, Prof Andreas Santosa, Prof Sjarifudin Baharsjah, dan lain lain.

Ia berharap, ide-ide yang lahir dari FGD itu akan "merevitalisasi" kondisi pertanian Indonesia. Karena, para tokoh pertanian itu sedikitnya mengeritisi kebijakan pemerintah di bidang pertanian yang dirasa realisasinya belum cocok.

Baca juga: Perkuat potensi ekspor hortikultura, Kementan siapkan strategi ini

"Akan menjadi saran dari para sesepuh dan senior, bagaimana politik pertanian kita. Sesepuh atau senior ini menganggap banyak hal yang perlu direvitalisasi," tambah dia.

Selain menjadi bahan masukan bagi pemerintahan Jokowi mendatang, menurutnya hasil FGD juga akan diajukan sebagai pembekalan para anggota legislatif yang akan dilantik tahun ini.

"Nanti ini kalau bisa pada waktu DPR itu dilantik, biasanya ada pembekalan. Kalau bisa bahan-bahan ini dibekalkan pada para anggota DPR itu," tambahnya.

Baca juga: Rektor IPB sampaikan empat strategi pertanian digital di FAO

Baca juga: Kementan terapkan strategi kemitraan untuk stabilkan harga daging ayam

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar