Presiden imbau masyarakat waspada erupsi Tangkuban Parahu

Presiden imbau masyarakat waspada erupsi Tangkuban Parahu

Calon Presiden Terpilih Joko Widodo tiba di Restoran Seribu Rasa, Jakarta pada Jumat sore (26/7/2019) menghadiri acara ramah tamah pembubaran Tim Kampanye Nasional (TKN). ANTARA/Bayu Prasetyo/pri

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menanggapi fenomena alam erupsi Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung meminta masyarakat waspada.

"Masyarakat di sekitar gunung Tangkuban Parahu waspada. Ikuti semua yang disampaikan oleh aparat," kata Presiden di Jakarta pada Jumat petang.

Baca juga: PVMBG rekomendasikan radius aman ke Gunung Tangkuban Parahu 2 km

Baca juga: Abu erupsi Tangkuban Parahu menutupi kaca beberapa kendaraan bermotor

Baca juga: Ini tujuh lokasi wisata favorit di Bandung Raya


Gunung Tangkuban Perahu yang terletak di perbatasan kabupaten Bandung dan Kabupaten Subang, Jawa Barat berstatus level I atau normal telah terjadi erupsi freatik pada pukul 15:48 WIB.

Menurut keterangan Pusat Vulkanologi, Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM letusan menyebabkan kolom abu setinggi sekitar 200 meter di atas puncak gunung yang tingginya 2.284 mdpl.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi ± 5 menit 30 detik," demikian PVMBG.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Survei: 61,4 persen masyarakat puas kinerja Jokowi-Ma'ruf

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar