Istri Ganjar Pranowo juara memasak rendang antar istri gubernur

Istri Ganjar Pranowo juara memasak rendang antar istri gubernur

Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah Siti Atiqoh saat mengikuti lomba memasak rendang antar istri Gubernur se-Indonesia di Padang, Jumat (26/7) (Antara Sumbar/Fandi Yogari)

Tim Penggerak PKK Jawa Tengah berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp10 juta. Kemudian juara II diperoleh tim Penggerak PKK Bengkulu dengan hadiah uang tunai Rp7,5 juta dan juara tiga Tim Penggerak PKK Sumatera Utara mendapatkan hadiah Rp5 juta.
Padang, (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah Siti Atiqoh Supriyanti yang merupakan istri Ganjar Pranowo  (Gubernur Jateng) terpilih sebagai pemenang lomba memasak rendang antar Tim Penggerak PKK se-Indonesia dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK Nasional ke-47 yang dipusatkan di Padang.

"Untuk juara 1 Tim PKK Jawa Tengah yang dikomandoi langsung ketua PKK Situ Atiqoh," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian di Padang, Jumat (26/7).

Atas prestasi tersebut Tim Penggerak PKK Jawa Tengah berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp10 juta.

Kemudian juara II diperoleh tim Penggerak PKK Bengkulu dengan hadiah uang tunai Rp7,5 juta dan juara tiga Tim Penggerak PKK Sumatera Utara mendapatkan hadiah Rp5 juta.

Lomba memasak rendang ini menghadirkan juri chef terkenal Wiliam Wongso.

Menurut Wiliam, kriteria penilaian meliputi teknis memasak dengan poin 30 persen, rasa 40 persen, penyajian 15 persen dan kebersihan 15 persen.
Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah Siti Atiqoh mengaku ini merupakan pengalamannya yang kedua memasak rendang.

"Jangan-jangan nanti mas Ganjar minta dimasakin di rumah, tapi tidak apa-apalah biar makannya banyak dan agak gemuk sedikit" katanya sembari mengaduk rendang di kuali.

Siti mengaku memasak rendang merupakan pengalaman baru baginya karena butuh waktu tiga jam dan akan membawanya sebagai oleh-oleh untuk suami.

Ia mengaku takjub dengan bumbunya yang lengkap dan yang membedakan dengan masakan lain adalah waktu memasak yang cukup lama.

"Kalau makanan lain cukup 30 menit sudah selesai, ini juga menguji kesabaran mengaduknya," kata dia

Baca juga: Istri Gubernur se-Indonesia akan ikuti lomba masak rendang

Menurut dia, tidak ada rasanya orang yang tidak suka dengan rendang.

Para istri gubernur se-Indonesia adu kepandaian memasak rendang pada Festival Marandang 2019 yang digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK Nasional ke-47.

"Kegiatan lomba memasak rendang antar PKK se-Indonesia merupakan salah satu sarana memperkenalkan rendang ke seluruh Indonesia," kata Wali Kota Padang Mahyeldi.

Pada lomba yang digelar di Pelataran Museum Adityawarman Padang tersebut semua peralatan hingga bahan telah disiapkan oleh panitia dan Tim PKK tinggal memasak mengikuti petunjuk yang telah disediakan.

Selain diikuti tim penggerak PKK lomba juga diikuti SLTP se Kota Padang dan juara 1 diperoleh oleh SMP 20, juara 2 SMP 5 dan juara 3 SMP 7.

Sedangkan untuk utusan kelurahan di Padang juara 1 diraih oleh Kelurahan Ganting Parak Gadang, juara 2 kelurahan Padang Pasir dan juara 3 kelurahan Parupuk Tabing.

Baca juga: Padang matangkan persiapan tuan rumah Hari Kesatuan Gerak PKK Nasional
 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Mengintip usaha rendang terbaik di Sumbar

Komentar