Painan, (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Lisda Hendrajoni mempopulerkan baju adat khas Kerajaan Inderapura pada acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tingkat nasional ke-47 di Padang.

"Pada kegiatan itu ada parade pakaian daerah dan lomba peragaan busana (fashion show) antar Ketua TP-PKK se-Indonesia, jadi saya langsung memanfaatkannya untuk mempopulerkan baju adat khas Kerajaan Inderapura," kata Lisda Hendrajoni dihubungi dari Painan, Jumat.

Khusus parade pakaian adat, dibuka oleh Ketua TP-PKK Sumatra Barat, Nevi Irwan Prayitno dan diikuti 19 Ketua TP-PKK kabupaten/kota daerah setempat.

Penampilan parade pakaian adat tersebut dibagi menjadi empat tahap, Ketua TP-PKK Pesisir Selatan Lisda Hendrajoni tampil pada tahap kedua bersama dengan ketua TP-PKK Darmasraya, Limapuluh Kota, Payakumbuh dan Bukittinggi.
 
Ketua TP-PKK Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni mengenakan baju adat khas Kerajaan Inderapura. (ist)


Menurut Lisda Hendrajoni, parade pakaian adat merupakan momen yang baik untuk memperkenalkan budaya dan pakaian adat daerah masing-masing kepada ketua TP-PKK se-Indonesia serta tamu yang hadir.

"Semoga ke depan melalui kegiatan ini, Sumatera Barat tidak hanya dikenal karena alamnya yang indah, adatnya yang kental dan masyarakatnya yang ramah, namun juga karena pakaian adatnya yang unik serta beragam," katanya lagi.*

Baca juga: Pakaian adat Minang-Tionghoa-India dikenakan petugas TPS di Padang

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019