Baturaja (ANTARA) - Pembangunan jembatan gantung di Desa Mendingin, Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan yang sudah rampung dikerjakan oleh pemerintah desa setempat dibangun kokoh dan terlihat mempesona karena dicat beraneka warna di badan jembatan.

"Pembangunan jembatan gantung yang dibangun di atas Sungai Ogan di wilayah desa kami ini sudah rampung sejak Kamis (25/7) dan peresmiannya kemarin ditandai dengan syukuran," kata Kepala Desa Mendingin, Ogan Komering Ulu (OKU), Martambang di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan, pembangunan jembatan gantung yang dibangun menggunakan dana desa tahun anggaran 2019 untuk mempermudah masyarakat Desa Mendingin dalam mengangkut hasil pertanian dan perkebunan guna dijual. "Karena sebagian besar kebun warga desa kami terletak di seberang sungai sehingga dibutuhkan jembatan sebagai akses penyeberangan," katanya.

Dia mengemukakan, jembatan gantung sepanjang 40 meter dengan lebar 1,5 meter yang menghubungkan Desa Mendingin dan Desa Gunung Tiga, Kecamatan Ulu Ogan, tersebut dibangun sangat indah karena selain bangunannya kokoh, sepanjang badan serta lantai jembatan dicat beraneka warna sehingga terlihat memesona.

"Bangunan jembatan yang melintasi Sungai Ogan tersebut nampak indah karena badan jembatan dicat warna merah dan hijau terang, sehingga tampak kontras dengan jernihnya air sungai yang melintas di bawahnya," kata dia.

Menurut dia, pembangunan jembatan gantung ini sudah lama diinginkan oleh masyarakat Desa Mendingin mengingat selama ini di desa setempat tidak memiliki sarana penyeberangan sungai sehingga masyarakat terpaksa menggunakan perahu guna mengangkut hasil kebun. "Semoga dengan dibangunnya jembatan gantung ini dapat bermanfaat untuk warga, baik masyarakat Desa Mendingin maupun warga desa sekitar," ujarnya.*

Baca juga: Banjarmasin bangun jembatan gantung di Pulau Bromo

Baca juga: Kementerian PUPR tuntaskan jembatan gantung di Kabupaten Asmat

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019