Lil Nas X digugat 25 juta dolar atas tuduhan mencuri lagu

Lil Nas X digugat 25 juta dolar atas tuduhan mencuri lagu

Penyanyi rap Lil Nas X dalam akun Instagramnya. (Instagram/LilNasX)

Jakarta (ANTARA) - Penyanyi rap Lil Nas X yang tenar lewat lagunya "Old Town Road" digugat oleh penerbit musik California sebesar 25 juta dolar AS atas dugaan mencuri lagu Bobby Caldwell yang dirilis pada 1982.

Dalam pengaduan yang diajukan pada Rabu, The Music Force LCC mengatakan Lil Nas X meminjam tanpa izin lagu R&B Caldwell "Carry On" untuk lagunya sendiri dengan judul sama. Lagu itu lantas diunggah di YouTube dan platform streaming seperti Spotify dan SoundCloud.

Mereka juga menggugat label rekaman Lil Nas X, Sony Music karena tidak melakukan pemeriksaan dengan cermat atas lagu dari rapper berusia 20 tahun itu karena lebih mementingkan untuk mengamankan peluang menghasilkan jutaan dolar.

Perwakilan Lil Nas X dan Sony tidak dapat segera dihubungi pada Kamis untuk memberikan komentar, demikian seperti dikutip dari Reuters.

Pihak penggugat yang berbasis di Culver City meminta setidaknya 10 juta dolar AS untuk ganti rugi, plus sekitar 15 juta dolar sebagai kompensasi atas "niat jahat dan kerakusan Lil Nas X".

Perkara hukum itu diajukan di pengadilan federal Los Angeles

Lil Nas X, yang bernama Montero Lamar Hill, tengah berada di puncak karirnya setelah lagunya "Old Town Road" berhasil bertengger di posisi pertama Billboard Hot 100 selama 16 minggu berturut-turut, rekor terpanjang selama 61 tahun.

Baca juga: RM BTS dan Lil Nas X rilis "Seoul Town Road"

Penerjemah: Heppy Ratna Sari
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar