Tour de France 2019

Pinot mundur di etape-19 karena cedera paha

Pinot mundur di etape-19 karena cedera paha

Pebalap tim Groupama-FDJ Thibaut Pinot asal Prancis berlaga di sesi 27,5km time trial individu etape 13 Tour de France dari Pau ke Pau. (19/7/2019) Reuters/Gonzalo Fuentes

Tignes (ANTARA) - Pebalap tim Groupama-FDJ Thibaut Pinot asal Prancis mengakhiri lebih awal balapan Tour de France di etape ke-19 setelah mengalami cedera paha, Jumat.

Pinot, yang pada Kamis dikabarkan keseleo, harus diangkut ke dalam mobil tim di 87km terakhir etape yang menempuh jarak total 126,5km dari St Jean de Maurienne, demikian Reuters.

"Kami memiliki harapan setelah melihatnya bertahan kemarin namun rasa sakitnya lebih parah hari ini," kata direktur olahraga tim, Philippe Mauduit.

"Sangat berat, dia telah melakukan segalanya untuk menjadi penantang di tur ini."

Pinot sejauh ini berada di peringkat lima klasemen umum, 1 menit 50 detik di belakang pemegang jersey kuning Julian Alaphilippe dari Prancis. Pinot sebenarnya masih memiliki kesempatan untuk menantang gelar juara umum setelah membalap secara impresif pekan lalu di Pyrenees.

Baca juga: Pinot rampas Etape 14, Alaphilippe tetap puncaki klasemen

Paha kiri Pinot dibalut oleh doktor ofisial balapan namun ia tidak bisa mengayuh sepedanya dengan benar dan menyerah setelah ditenangkan oleh rekan satu timnya, William Bonnet.

"Dia kesulitan berjalan malam tadi setelah finis etape ke-18 dengan rasa sakit yang hebat," kata tim lewat pernyataan tertulis.

Pebalap berusia 29 tahun, yang finis ketiga secara umum di Tour de France 2014, juga terpaksa meninggalkan Giro d'Italia tahun lalu setelah tumbang di etape ke-20 saat berada di peringkat tiga umum karena pneumonia.

Pinot mundur di Tour de France 2016 dan 2017 serta tidak turun di edisi 2018, namun tahun ini tetap muncul sebagai salah satu penantang utama setelah tampil impresif di sembilan etape awal.

Baca juga: Quintana juara etape 18, Bernal incar jersey kuning Alaphilippe
Baca juga: Julian Alaphilippe merevolusi balap sepeda

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ajang balap sepeda dan promosi wisata Indonesia

Komentar