Jakarta (ANTARA) - Walikota Cairns, Bob Manning, tidak ragu-ragu mengakui peran positif masyarakat Indonesia yang bermukim di Cairns, salah satu daerah kecil yang terletak di negara bagian Queensland, Australia.

Pengakuan tersebut disampaikan oleh wali kota saat menerima Konsul Jenderal Republik Indonesia di Sydney, Heru Hartanto Subolo beserta isteri, Sinta Subolo, di Balaikota Cairns pada Kamis (25/7), demikian pernyataan dari Konsulat Jenderal RI di Sydney yang diterima di Jakarta, Jumat.

“Masyarakat Indonesia di sini termasuk yang sangat aktif berperan dalam pembangunan masyarakat multibudaya di Cairns. Mereka secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan di Cairns,” ujar wali kota Bob Maning.

Dia menambahkan bahwa masyarakat Indonesia juga secara berkala menyelenggarakan Festival Indonesia setiap dua tahun sekali. “Tahun lalu saya hadir memberikan sambutan pada Festival tersebut.” katanya.

Dari total populasi Cairns sebanyak 165.525 orang (data per Juni 2018), lebih dari 400 diantaranya adalah orang Indonesia atau memiliki latar belakang Indonesia.

Dari jumlah tersebut lebih dari 200 orang dapat berbahasa Indonesia dan menggunakannya di rumah atau lingkungannya.

Konjen Heru Subolo melakukan kunjungan kerja ke Cairns sebagai bagian dari diplomasi sub-regional yang terus dilakukan oleh KJRI Sydney guna mempromosikan, menginformasikan dan menghadirkan Indonesia di kawasan-kawasan non-metropolitan yang masuk dalam wilayah kerja KJRI Sydney.

“Kantor saya memang di Sydney, namun wilayah kerja saya mencakup sekitar 43 persen dari total luas wilayah Australia, yaitu negara bagian New South Wales, Queensland dan South Australia,” kata Konjen Subolo kepada wali kota Manning.

Menurut Konjen, daerah-daerah di luar kota metropolitan mempunyai peranan penting dalam penerapan Kemitraan Komprehensif Strategis Indonesia dan Australia.

“Karenanya saya secara khusus menjadwalkan kunjungan pertama untuk menjalin hubungan baik dengan pemerintah daerah Cairns dan beberapa pihak terkait lainnya, serta berjumpa dengan masyarakat Indonesia,” lanjut Konjen Subolo.

Selain bertemu Wali Kota Cairns, Konjen juga dijadwalkan melakukan pertemuan dengan kalangan media lokal dan otoritas setempat, serta membuka acara pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian pada Sabtu (27/7).*

Baca juga: Konjen tekankan kerja sama Indonesia-Australia hadapi ancaman global

Baca juga: Indonesia-Inggris-Australia bahas peningkatan keamanan kargo udara


Pewarta: Bambang Purwanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019