Pengunjung yang mampir ke gerai kita sediakan pempek. Mereka bisa makan menu langsung. Alhamdulillah akhirnya kita menang
Palembang (ANTARA) - Tim Penggerak (TP) PKK Sumsel tampil juara pertama untuk penilaian gerai terbaik tingkat nasional pada pameran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK se-Indonesia di Padang, Sumatera Barat.

Penyerahan penghargaan gerai terbaik tersebut dilaksanakan Ketua Umum TP PKK Nasional dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo kepada Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumsel, Hj Fauziah Mawardi Yahya pada acara penutupan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-47 PKK di Lapangan RTH Imam Bonjol, Padang, Sumbar, Sabtu.

Wakil Ketua Tim PKK Sumsel Fauziah Mawardi  dalam keterangan yang diterima mengatakan, penghargaan tersebut pantas didapatkan Tim Penggerak PKK Sumsel karena perjuangan untuk menghadirkan gerai yang bagus tidak mudah dan cukup menguras pikiran.

Apalagi, kata dia, dari awal arahan Ketua TP PKK Sumsel Hj Feby Deru menyatakan wakil Sumsel harus menjadi terbaik dari yang terbaik.

"Alhamdulillah atas usaha semua tim dan sumbangsih pemikiran ibu Ketua TP PKK membuahkan hasil yang baik dan kita juara I," katanya.

Mengenai tema gerai istri Wagub Sumsel itu menjelaskan bahwa mereka memang sengaja menonjolkan kekhasan daerah Sumsel yang kebetulan diwakili oleh Kota Palembang dan Kabupaten Musirawas.

Selain aneka kain songket, blongsong dan jumputan aneka produk kerajinan masyarakat Musirawas juga ikut ditampilkan. Termasuk ukiran khas Palembang, kain batik Musirawas, cokelat, kopi selangit, beras, aneka sayur mayur seperti, buah naga, alpukat dan jambu.

"Untuk pengunjung yang mampir ke gerai kita sediakan pempek. Mereka bisa makan menu langsung. Kreasi kain jumputan kita juga bagus-bagus ditambah dekorasi yang sempurna jadi ramai terus didatangi pengunjung. Alhamdulillah akhirnya kita menang. Tentu kita bangga sekali," jelasnya.

Dengan hasil ini Fauziah berharap ke depan kabupaten lain di Sumsel yang belum dapat ambil bagian bisa semakin semangat sehingga dapat ikut serta meramaikan HKG PKK tahun depan di Kaltim.

"Kita akan coba bergantian mengirinkan wakil tapi tetap akan kita pilih produksinya yang unik-unik," katanya.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya mengapresiasi kinerja unsur dan kader PKK Sumsel yang sudah andil dalam rangkaian kegiatan. Ia berharap hasil ini dapat semakin meningkatkan kreatifitas PKK Sumsel untuk merealisasikan program-program andalannya.

Setelah Sumsel juara pertama kemudian urutan kedua diraih TP PKK Provinsi Maluku, dan ketiga Kepulauan Mentawai.

Untuk juara harapan 1 TP PKK Sawah Lunto Sumbar, dan harapan 2 Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca juga: Produk unggulan PKK se-Indonesia dipamerkan di Padang

Baca juga: Mahasiswa Untidar latih anggota PKK memproduksi keripik kenci

Baca juga: Kurangi plastik, Gerakan PKK serukan tak gunakan air kemasan

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019