Medan (ANTARA) - Wakil Bupati Labuhan Batu Selatan, Sumatera Utara, Kholid Jufri Harahap berharap agar calon jamaah haji dari daerah itu, tetap menjaga kekompakan dalam melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah.

"Kebersamaan yang selama ini tercipta di Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel) tetap diterapkan di Tanah Suci," kata Jufri, dalam sambutannya ketika memberangkatkan 389 jamaah haji kelompok terbang (Kloter) 15 di Asrama Haji Medan, Sabtu malam.

Selain itu, menurut dia, jamaah calon haji  tetap menjaga stamina dengan baik karena cuaca di Mekkah mencapai sekitar 46 derajat celcius, dan hal itu cukup panas.

Baca juga: Kerap masak di hotel, calhaj diimbau antisipasi kemungkinan kebakaran

"Jamaah calon haji tersebut, harus menjaga kesehatan sehingga mampu melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan tidak ada kendala," ujar Jufri.

Ia juga mengatakan, para jamaah calon haji asal Labusel dapat menjadi haji yang mabrur, sehingga ketika kembali ke Tanah Air memberikaan contoh yang baik kepada masyarakat.

"Saya mendoakan agar menjadi haji yang mabrur," katanya.

Baca juga: Dewan dua masjid suci sampaikan kesiapan pelaksanaan haji 1440 Hijriah

Sebanyak 389 calon haji Kloter 15 Embarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara berangkat ke Mekkah melalui Bandara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu sekira pukul 21.00 WIB.

Dari jumlah 389 calon haji tersebut, terdiri atas 325 dari Kabupaten Batu Selatan, dan 56 orang dari Kota Medan.

Pimpinan Kloter 15 Embarkasi Medan, Mahdi Kiman Kudadiri Bin Kuman Kudadiri.
Satu orang calon haji mengisi seat kosong atas nama Supryatno Kaserin Abdullah Bin Kasrin (58) eks Kloter 14 asal Kota Medan.

Baca juga: TKR Mekkah sarankan jamaah kurangi merokok jelang puncak haji

Satu orang mutasi berangkat pada kloter lain, atas nama Muhammad Darwin Harahap Bin Pamusuk Harahap (42) asal Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Sumut H.Iwan Zulhami.
Data di Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, Warga Sumatera Utara, tercatat 8.641 orang yang berangkat ke Tanah Suci pada 2019.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019